Content: / /

2 Tugas dan Kewajiban Caleg Hanura se-Jatim

Politik

04 Desember 2018
2 Tugas dan Kewajiban Caleg Hanura se-Jatim

Kelana memberikan sambutan di hadapan ribuan caleg se Jatim

LiraMedia.co.id, SURABAYA - Dalam pembekalan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Kota Partai Hanura se-Jawa Timur, Kelana Aprilianto menyampaikan 2 tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan para caleg tersebut.

Dua tugas dan kewajiban itu disampaikan Kelana Aprilianto dihadapan kurang lebih 1.291 undangan yang hadir dalam acara yang berlangsung selama 2 hari, dari Senin (3/12/2018) hingga Selasa (4/12/2018) di Wyndham Hotel Surabaya.

Adapun tugas dan kewajiban para caleg DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota se Jawa Timur di Pemilu 2019 yang disampaikan Kelana yaitu, pertama memenangkan Partai Hanura dan mengantarkan caleg tersebut menjadi anggota legislatif.

Kedua, memenangkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin. Untuk mencapai itu, kata Kelana yang menjadi Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur ini, diperlukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerjasama yang baik antara caleg DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dan Kota.

Selain itu, Kelana Aprilianto menekankan kepada para caleg Hanura se Jawa Timur supaya turun ke bawah ikut serta mengantar dan mengawal Partai Hanura memperoleh suara melalui ambang batas parlement threshold.

Oleh karena itulah, lanjut Kelana, pembekalan caleg ini dilaksanakan karena lebih dari 50% para caleg Hanura adalah wajah baru di kancah politik.

"Mereka perlu masukan bagaimana jadi politisi yang punya hati nurani, santun, dan tidak mudah gagal paham. Caleg Hanura harus memahami bahwa Pemilu 2019 berbeda dari sebelumnya, antara lain dari sisi penghitungan suara. Ini Pemilu yang paling krusial karen antara Pilpres dan Pileg dilakukan secara bersamaan," ungkap Kelana Aprilianto yang juga Ketua DPW Relawan Jokowi (ReJo) Jawa Timur.

Hal lain yang disampaikan Kelana ialah tentang jumlah pemilih tetap di Jawa Timur. Menurut Kelana, Jawa Timur merupakan provinsi yang penduduknya besar, yaitu mencapai kurang lebih 39 juta. Hasil Pemilu di Jawa Timur sangat berpengaruh di tingkat nasional.

Kelana menyebutkan, jumlah DPT (daftar pemilih tetap) di Jawa Timur mencapai 31.011.960 pemilih, yang terdiri dari 15.264.960 pemilih pria dan 15.747.040 pemilih wanita yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

Dalam pembekalan ini, hadir dari DPP Hanura yang memberikan materi pembekalan antara lain Yus Usman Sumanegara (Waketum Hanura), Benny Ramdani (Ketua Bidang Organisasi), dan Djafar Badjeber.

Turut hadir pula dalam acara ini antara lain perwakilan Partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Irjen Pol (purn) Machmud Arifin (Ketua Tim Kemenangan Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin), KPU Jatim, dan beberapa tamu undangan.

Ketua Panitia, Mochammad Husen mengatakan, pembekalan ini diikuti 1.291 caleg dengan rincian 51 caleg DPR RI, 84 caleg DPRD Provinsi, dan 1.231 caleg DPRD Kabupaten dan Kota.

Dari masing-masing caleg itu, target Hanura di Jawa Timur bisa mendapat 10 kursi DPR RI, 20 kursi DPRD Provinsi, dan 200 kursi DPRD Kabupaten dan Kota.

Saat ini, dari hasil Pileg 2014, Hanura memiliki 67 kursi di DPRD Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, 2 kursi DPRD Provinsi Jawa Timur, dan 2 kursi DPR RI.

Dan Kabupaten dan Kota paling banyak menempatkan perwakilannya di DPRD Kabupaten dan Kota ialah DPC Hanura Kabupaten Tulungagung dengan perolehan 6 kursi, disusul Banyuwangi 4 kursi.

Lalu Jember 3 kursi, Surabaya 3 kursi, Kota Malang 3 kursi. Lalu Pasuruan Kota 2 kursi, Probolinggo 2 kursi, Situbondo 2 kursi, Lumajang 2 kursi, Kota Kediri 2 kursi, Kabupaten Pasuruan 1 kursi, Kabupaten Malang 1 kursi, Kota Batu 1 kursi, Kota Blitar 1 kursi, serta beberapa kabupaten/kota lainnya. (*)

Sumber : polipreneur.com

Tinggalkan Komentar