Antisipasi Krisis Pangan, Kodim Tipe A 0831/ST Bersama Warga Gelar Tanam Padi

Antisipasi Krisis Pangan, Kodim Tipe A 0831/ST Bersama Warga Gelar Tanam Padi

Penanaman padi di Kenjeran, Surabaya

Liramedia.co.id, Surabaya - Sebagai upaya untuk mengantisipasi krisis pangan akibat dampak penyebaran Covid 19, di wilayah Kodim Tipe A 0831 Surabaya Timur melaksanakan kegiatan tanam padi bersama warga masyarakat kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jumat (05/06/2020).

Kegiatan penanaman padi itu dipimpin langsung oleh Kolonel Inf. Agus Faridianto (Dandim Tipe A 0831/ST), Kelompok Tani Benteng Samudera Surabaya yang dihelat bertempat di lahan pertanian Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya.

Disela sela kegiatannya, Kolonel Inf Agus Faridianto menjelaskan, kegiatan tanam padi tersebut dalam rangka pembinaan ketahanan pangan untuk mengantisipasi krisis pangan akibat dampak penyebaran Covid 19 diwilayah Kodim Tipe A 0831/ST TA. 2020.

"Penanaman bibit padi kali ini jenis Ciherang di lahan pertanian Kedung Cowek seluas 1 hektar sebagai bentuk Pilot Project (Demlot) agar nantinya dapat dicontoh oleh kelompok kelompok tani lainnya guna mengatasi ketahanan pangan ditengah wabah pandemi Covid-19," paparnya.

Hadir pada kegiatan penanaman padi, diantaranya Danramil 0831/06 Kenjeran, Pasi Ter Kodim Tipe A 0831/ST, Ketua Kelompok Tani Benteng Samudera Surabaya, Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Bulak.

Ditempat yang sama, PPL (petugas penyuluh lapangan) Kecamatan Bulak, Maftudin menerangkan, selama ini telah terjalin sinergi yang baik dengan Babinsa Koramil Kenjeran yang telah aktif dilapangan untuk mengatasi berbagai permasalahan para petani.

"Biasanya saya koordinasi dengan Sertu Suwardi yang selama ini telah setia mendampingi para petani, sehingga setiap permasalahan petani dapat dibantu dan teratasi, sebagai contoh membantu permasalahan pupuk," ucapnya.

"Dengan sinergi yang baik, alhamdulillah kesulitan pupuk kelompok petani disini dapat diatasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan dan mewujudkan ketahanan pangan seperti apa yang diharapkan pemerintah," kata Maftudin.(Penrem 084/BJ) Bbh.

Image