Content: / /

Banjir Kepung Kabupaten Pamekasan

Peristiwa

01 Februari 2019
Banjir Kepung Kabupaten Pamekasan

Banjir di Kabupaten Pamekasan

Liramedia.co.id - PAMEKASAN - Akibat hujan lebat yang cukup lama mengakibatkan genangan air yang meluap dan menutupi ruas jalan dibeberapa titik di Kabupaten Pamekasan, diantaranya di RT 05 RW 02 Jln. Brawijaya, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada Jumat (01/02/2019).

Dari hasil pantauan Liramedia, genangan air hujan meluap ke ruas jalan di Kelurahan Jungcangcang, bahkan kantor KPU Kabupaten Pamekasan juga tergenang banjir di akibatkan luapan saluran air tidak bisa menampung ketinggian debit air karena terlalu sempitnya saluran air yang mengakibatkan air meluap ke ruas jalan dan masuk kerumah penduduk.

Salah satu tokoh masyarakat di jalan Brawijaya, Ach Mustar mengatakan bahwa genangan air selalu meluap dikala hujan lebat bahkan juga sampai masuk ke rumah warga.

Banjir biasanya terjadi di saat hujan lebat bahkan terjadi setiap tahun.

“Memang benar setiap kali hujan tidak lama, kalau di kantor KPU itu sudah menjadi langganan banjir. Jika debit air sudah meluap baru masuk ke jalan kampung, apalagi sampai lama seperti sekarang ini. Rumah penduduk dan kantor KPU digenangi air seperti yang yang terjadi sekarang,” tutur Mustar, sapaan akrabnya.

Mustar menambahkan, banjir ini terjadi karena saluran air tidak bisa menampung debit air hujan yang terlalu tinggi, yang diakibatkan karena sempitnya saluran air sehingga meluap sampai kerumah penduduk di sekitar Kelurahan Jungcangcang.

Banjir yang terjadi sekarang ini karena diakibatkan saluran dan tidak ada saluran pembuangan dari hulu ke hilir, sehingga air hujan meluap disebabkan saluran air tidak berfungsi normal dan terlalu sempitnya saluran dan tidak ada pembuangan air menuju ke hilir, sehingga air masuk kerumah penduduk.

Mustar berharap agar Oemerintah Kabupaten Pamekasan bisa memberikan solusi agar tidak lagi terjadi banjir. Seperti oelebaran saluran dan normalisasi saluran air yang ada di jalan Brawijaya agar dikala hujan lebat air tidak meluap dan masuk kerumah penduduk.

“Saya berharap agar Pemerintah Kabupaten Pamekasan memberikan solusi supaya tidak terjadi genangan air disaat hujan, yaitu dengan normalisasi saluran disepanjang saluran yang ada di jalan Brawijaya yang berdekatan dengan kantor KPU di Kelurahan Jungcangcang, agar dikala hujan tidak terjadi genangan air yang sampai masuk ke rumah warga dan kantor KPU,” pungkasnya.

Reporter : Ach. Yanto

Tinggalkan Komentar