Content: / /

Camat Prambon Memimpin Pelantikan BPD di Desa Bendotretek

Kades

25 Juni 2019
Camat Prambon Memimpin Pelantikan BPD di Desa Bendotretek

Pelantikan BPD Desa Bendotretek

LiraMedia.co.id, SIDOARJO - Desa Bengotretek mengadakan acara pengangkatan sumpah jabatan, sekaligus pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Senin, (24/6/2019), di Pendopo Balai Desa Bendotretek, Kec prambon, Sidoarjo, yang langsung dipimpin oleh Camat Prambon, Ainun Amalia S.Sos.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Bengotretek, Anang Darmawan. SE, Kapolsek Prambon, Danramil, Tokoh Agama, Kartar, juga masyarakat setempat, termasuk juga BPD yang lama, dari 7 Anggota BPD yang sedang dilantik. Namun salah satu diantaranya adalah Srikandi.

Pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Ainun Amalia S. Sos selaku Camat di wilayah Prambon. Ainun memberikan pemaparannya tentang apa saja tugas dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dalam hal tugas merupakan mitra kerja Kepala Desa atau bisa dikatakan penghijauan untuk andil dalam setiap putusan yang dilakukan bersama Kepala Desa dan juga perangkat demi kemajuan pembangunan desa yang dipmpinnya.

Tidak hanya itu saja, tugas BPD juga membawa aspirasi masyarakat, juga sebagai penyambung lidah antara masyarakat dan Pemerintah Desa.

Tidak hanya menyampaikan dalam bentuk aspirasi namun tentunya dalam bentuk program yang akan disampaikan atau dibahas bersama Pemerintah Desa, yakni Kepala Desa dan perangkatnya.

"Tentu tidak terlepas dengan tokoh agama, masyarakat dan yang berada di wilayah Desa Bendotretek, Kec. Prambon Sidoarjo tersebut," terang dia.

Di samping itu, sebagai Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jangan karena dianggap berwenang di desa lalu kemudian menjadi penghambat setiap putusan yang tentunya akan merugikan masyarakat banyak sehingga dengan cara tersebut bisa menghambat program dan juga pembangunan yang ada di Desa.

Memang BPD merupakan wakil masyarakat seperti hal-nya DPR, namun bedanya DPD dan DPR di angkat tanpa melalui tahapan pemilihan, kalau DPR tentunya melalui tahapan pemilihan.

"Jadi baik-baiklah bersama pemimpin, karena yang saya katakan tadi BPD merupakan mitra kerja Kepla Desa bukan sebagai musuh atau juga penghalang bagi program-program yang berpihak untuk masyarakat."

"Pesan saya kepada anggota BPD yang saat ini dilantik untuk bisa bersinergi dengan Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan semua yang terlibat dalam hal membangun desa dengan niat tulus dan ikhlas, sehingga apa yang di cita-citakan bersama mudah untuk diraih dengan baik dan transparan," pungkas Ainun. (dori)

Tinggalkan Komentar