Galian C di Desa Tanjungan Kembali Ditutup, Sempat Buka Cuma Sehari

Galian C di Desa Tanjungan Kembali Ditutup, Sempat Buka Cuma Sehari

Aktivitas galian c di Desa Tanjungan setelah sempat dibuka, hari ini ditutup.

Liramedia.co.id, Mojokerto - Galian c di Dusun Tanjungan, Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, kembali ditutup. Sebelumnya galian C diduga ilegal milik pengusaha bernisial S ini sempat melakukan aktivitasnya pada Rabu, 23 September 2020.

"Mulai kemarin ditutup lagi. Katanya diduga ilegal karena tidak punya izin (IUP/Izin Usaha Pertambangan)," ujar Atha, seorang warga Desa Tanjungan, kepada Lira Media di sekitar lokasi galian C, Jumat (25/9/2020).

Atha menerangkan, memang galian c ini sempat dibuka pada Rabu (23/9/2020). Beberapa dump truk serta excavator tampak melakukan aktivitasnya. Namun, kemarin tidak ada aktivitas di lokasi galian c tersebut.

"Untuk jelasnya kenapa ditutup, saya tidak tahu. Warga disini (Desa Tanjungan) juga tidak ada yang protes terkait adanya galian c ini. Kecuali jika debu yang ditimbulkan oleh dump truk pengangkut tanah banyak beterbangan ke rumah warga, baru mereka menegur pemilik galian," ujar Atha.

Dari pantauan Lira Media, di lokasi tambang yang sehari sebelumnya banyak armada dump truk kapasitas 8 kubik mengangkut material galian c ini, hari ini tampak sepi. Tak ada aktivitas di lokasi tambang. Hanya beberapa warga tampak melintas di sekitar lokasi.

Usaha galian c ini pernah diadukan Aktivis Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur ke Polrestas Mojokerto pada Selasa, 1 September 2020. Setelah dilaporkan, usaha galian c diduga ilegal ini berhenti aktivitas.

Lokasi galian c itu berada tidak jauh dari Balai Desa Tanjungan. Dari Balai Desa Tanjungan berjarak kurang lebih 5 km. Disana ada akses jalan yang dibuat khusus oleh pelaku usaha galian c sepanjang 2 km untuk perlintasan dump truk pengangkut material galian c.

Saat wartawan Lira Media meninjau lokasi galian c tersebut pada Rabu pagi kemarin, 23 September 2020, tampak alat excavator sedang mengeruk material tanah bercampur batu dan dimuat ke dump truk yang ada. Sekarang, galian C ini ditutup lagi. (*)

Reporter : Basuki

Image
Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh rencana kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Timur dengan Maspion IT.