Content: / /

Germas The Global Fund Ssr Asiyiyah Pamekasan Terus Meningkatkan Kinerjanya

Pendidikan

18 Desember 2018
Germas The Global Fund Ssr Asiyiyah Pamekasan Terus Meningkatkan Kinerjanya

Germas untuk mencegah TBC

LiraMedia.co.id, PAMEKASAN - Dalam melakukan monitoring dan evaluasi (monev) para kader dari 13 kecamatan se-Kabupaten Pamekasan, langkah itu diambil oleh Koordinator agar terus bisa berkembang dan berkemajuan dalam mendorong langkah pengobatan TBC / HIV.

Tujuannya untuk masyarakat menjadi sehat terbebas dari penyakit tersebut dan mengantisipasi supaya tidak menular.

Menurut penjelasan Halif selaku Ketua Koordinator Kabupaten Pamekasan, sudah banyak dari beberapa program yang di sosialisasikan sejak akhir tahun 2016.

Mulai dari penjaringan kader hingga sosialisasi kepada masyarakat menyangkut penyakit TBC dan HIV untuk penyakit malaria di Pamekasan tidak mendapatkan dana hibah. Hanya fokus di Indonesia bagian timur saja seperti Papua & NTB.

Demi peningkatan kinerja, Halif sudah membentuk 29 kader yang membawahi 20 Puskesmas se-Kabupaten Pamekasan.

"Dalam meningkatkan kualitas kinerja untuk kedepannya saya ada harapan untuk menambah kader di masing-masing kecamatan. Tujuan saya untuk mengakses sosialisasi kepada masyarakat sampai ke pedalaman agar program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Halif menambahkan, dari beberapa kasus TBC yang sudah tercatat dalam bulan November 2018 untuk yang terdeteksi ada 128 kasus, dan yang sudah positif ada 21 kasus. Berharap untuk kedepannya program ini bisa jalan terus meskipun tidak ada hibah dari global fund.

"Kami bersama para kader di bawah berharap bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya di kabupaten Pamekasan. Dalam waktu dekat saya akan bersilaturrahmi kepada Bupati Pamekasan serta menyampaikan program peduli terhadap masyarakat dan saya berharap ada dorongan dari Pemkab Pamekasan agar program ini terus bejralan," pungkasnya.

Reporter : Yanto

Tinggalkan Komentar