Content: / /

Gubernur Jatim Melantik Pejabat Eselon Baru

Peristiwa

27 September 2017
Gubernur Jatim Melantik Pejabat Eselon Baru

Mutasi di lingkungan Pemprov Jatim

Liramedia.co.id, SURABAYA – Mutasi bagi pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali dilakukan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Sejumlah pejabat eselon III mendapatkan promosi untuk mengisi posisi eselon II setingkat kepala dinas, badan, biro dan wakil direksi rumah sakit (RS). 

Jabatan eselon II umumnya untuk mengisi kekosongan setelah pejabat sebelumnya pensiun. Mereka yang pensiun yang lantas diganti di antaranya adalah Bambang Sadono Kepala Dinas Lingkungan Hidup; Indra Wiragana, Kepala Dinas Kehutanan; Sutartib Kepala Satpol PP; Lies Idawati Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan; Samsul Arifien Kepala Dinas Perkebunan; serta Zaenal Muchtadien Asisten I Sekdaprov.

Selain itu juga masih ada dua dinas yang kosong dan harus diganti karena kepalanya terjaring OTT (operasi tangkap tangan) KPK, yakni Rohayati Kepala Dinas Peternakan; dan Bambang Heryanto selaku Kepala Dinas Pertanian.

Pengangkatan para pejabat eselon II ini tertuang dalam SK gubernur nomor 821.1/1666/204/2017 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan.

"Ini murni untuk meningkatkan kinerja dan mengisi kekosongan jabatan," kata Soekarwo usai pelantikan beberapa pejabat eselon II di Gedung Negara Grahadi, Jumat (22/9/2017).

Dia hanya berpesan bagi PNS yang menduduki jabatan baru bisa meningkatkan integritasnya, karena sistem kinerja yang dibangun di Jawa Timur sebenarnya sudah sangat bagus dan bahkan beberapa kali mendapatkan penghargaan.

"Sekarang tinggal integritasnya saja yang harus dijaga. Integritas itu di dalam hati terkait sikap dan prilaku. Ini tidak bisa dimasukkan sistem tapi harus tetap dijaga," ujarnya.

Pakde Karwo, mengibaratkan integritas sebagai bendungan. Bendungan yang kuat adalah yang tahan terhadap hujan. Apabila bendungan tersebut bisa mengelola air dengan baik, meskipun diterpa hujan dan arus yang besar, maka bendungan tersebut bisa dikatakan layak. Demikian pula dengan integritas pejabat, semuanya harus kuat terhadap tekanan.

Ditambahkan, integritas akhir-akhir ini menjadi permasalahan. Banyak pejabat yang memiliki kompetensi yang bagus tapi karena lemah terhadap integritas akhirnya melakukan hal yang kurang benar.

Menurut Pakde Karwo, faktor yang bisa merusak integritas, diantaranya mengikuti lifestyle atau gaya hidup. Solusinya dengan penguatan spiritual. Apabila seorang pejabat kuat spiritualnya maka akan sangat membantu. Meskipun ditekan seperti apapun, dengan dibekali spiritual maka tidak akan mudah rusak integritasnya.

Loyal Organisasi Baru

Dalam kesempatan sama, Pakde Karwo juga mengajak agar para pejabat baru loyal terhadap organisasi yang baru ditempati. Pejabat yang sudah dipindah agar tidak campur tangan di tempat yang lama.

Pejabat baru, lanjutnya, harus total membuat inovasi di tempat baru, tidak menciptakan budaya menjelek-jelekkan pimpinan yang lama.

"Itu bukan budaya masyarakat yang baik," ingatnya.

Adapun beberapa nama yang dilantik ialah jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, dan jabatan pengawas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Dalam acara pelantikan ini, ada pejabat eselon I, II, III, dan IV yang dilantik. Untuk pejabat eselon I ada 14 nama yang dilantik oleh Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Berikut daftar dari 14 nama pejabat Pemprov eselon I yang dilantik Gubernur Soekarwo:

  1. Dewi Juniar Putriatni, diangkat menjadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.
  2. Suban Wahyudiono, diangkat menjadi staf ahli Gubernur Jawa Timur bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia.
  3. Soekaryo, diangkat menjadi wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Soedono Provinsi Jawa Timur.
  4. Boedi Prijo Soeprajitno, diangkat menjadi Kepala Badan Perwakilan Wilayah Bojonegoro Provinsi Jawa Timur.
  5. Gatot Gunarso, diangkat menjadi Kepala Badan Perwakilan Wilayah Madiun Provinsi Jawa Timur.
  6. Suprianto, diangkat menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur.
  7. Budi Santosa, diangkat menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Provinsi Jawa Timur.
  8. Drajat Irawan, diangkat menjadi Kepala Biro Administrasi Pembangunan SETDA Provinsi Jawa Timur.
  9. Hadi Sulistyo, diangkat menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.
  10. Moh Abduh M Mattalitti, diangkat menjadi Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Alam SETDA Provinsi Jawa Timur.
  11. Siti Nurahmi, diangkat menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.
  12. Diah Susilowati, diangkat menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.
  13. Karyadi, diangkat menjadi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur.
  14. Wemmi Niawamati, diangkat menjadi Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan pelantikan ini, Pakde Karwo menyatakan mutasi yang dilakukannya demi kepentingan organisasi, yakni mencari pejabat sesuai dengan kompetensi, berdisiplin dan berilmu, serta berpengalaman. 

"Yang tidak kalah penting adalah memiliki jejak bagus," ujarnya yang melantik 14 Pejabat Eselon II dan 92 Pejabat Eselon III. (Did)

 

Tinggalkan Komentar