Content: / /

Kapolda Jatim Launching e-Smart Samsat

Hukum

06 September 2017
Kapolda Jatim Launching e-Smart Samsat

Peluncuran e Smart Samsat

Liramedia.co.id, SURABAYA - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur bersama Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) melakukan launching e-Smart Samsat Jatim (penerapan sistem layanan samsat mobile dengan aplikasi sistem Android dan ios) di ruang Loka Artha Praja Bapenda Jatim, Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya.

Acara tersebut dipimpin Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, didampingi Dirlantas Polda jatim Kombes Pol Ibnu Isticha, Beserta Gubernur Jatim Dr.H. Soekarwo S.H., diwakili Sekda prov M Sukardi MM, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko diwakili Danrem Kolonel Kav M. Zulkifli, dan Kepala Jasaraharja Jatim.

Dihadiri pula para pejabat utama Polda Jatim, beserta para Kapolres jajaran Polda Jatim, Kasatlantas jajaran Polda Jatim, para undangan, dan tokoh masyarakat Jatim, serta kepala cabang bank BRI, Mandiri, BTN, BNI, Bank Jatim, dan juga para pegawai Bapenda Jatim.

Dalam sambutannya Kapolda Jatim memberikan apresiasi kepada Dir Lantas dan jajarannya yang berhasil memberikan inovasi terhadap pelayanannya kepada masyarakat sehingga tercipta e-Smart yang modern dan mempermudah segala urusan yang berkaitan dengan surat kendaraan. Hal ini merupakan bentuk dan inovasi pelayanan Polri bekerjasama dengan Jasa Raharja, sebagai tindak lanjut dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajibannya.

"Ini pertama kali di Indonesia dilaunching di Jawa dan Bali, karena Jawa Timur ini merupakan acuan ataupun inovasi perdana sebagai percontohan," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat diwawancarai, Rabu (6/9/2017).

"Bagi warga yang berasal dari luar kota wilayah Jawa dan Bali, bisa dicover di Surabaya di Samsat. Kalau untuk luar pulau belum terkoneksi, fungsi lain e-samsat ini bisa untuk mencegah kejahatan kendaraan, seperti motor hilang bisa terdeteksi melalui GPS yang ada. Di Jawa Timur ini sebenarnya sudah ada 5 tahun yang lalu," kata Irjen Pol Machfud Arifin.

Lebih lanjut Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan, "Secara nasional nantinya bisa membantu masyarakat dan selalu inovasi plat nomer bisa terlacak sesuai kendaraan, selain meningkatkan pendapatan daerah juga memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat seperti pemberitahuan pajak yang akan segera habis masa berlakunya," jelasnya. (Holidy)

Tinggalkan Komentar