Content: / /

Kepala Desa Tanjung Apresiasi Petik Laut Pantai Jumiang Menjadi Tradisi Berkah Bagi Para Nelayan

Kades

03 Desember 2018
Kepala Desa Tanjung Apresiasi Petik Laut Pantai Jumiang Menjadi Tradisi Berkah Bagi Para Nelayan

Nelayan mendorong perahu ke laut untuk melaksanakan tradisi sedekah laut

LiraMedia.co.id, PAMEKASAN - Puluhan kapal nelayan beraneka aksesoris motif warna-warni memacu lajunya di Laut Pantai Jumiang. Ribuan warga memadati pinggiran pantai untuk menikmati meriahnya acara tradisi petik laut yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Desember 2018.

Sebelum pelaksanaan, Kepala Desa Tanjung, Sabur mengundang para tokoh masyarakat, para alim ulama, juga melibatkan semua perangkat Desa. Juga warga dan kepanitiaan untuk melaksanakan tasyakuran di bibir pantai Jumiang dengan pembacaan syurotul fatehah, jalanian, khotmil Qur'an, dilanjutkan dengan sholawat Mahallul Qiyam kemudian do'a bersama.

Sabur, Kepala Desa Tanjung

Sabur mengungkapkan, memang setiap tahunnya sudah menjadi tradisi masyarakat dalam rangka mempererat tali silaturrahmi serta mengikat tali persaudaraan antar kaum nelayan dan mensyukuri atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

"Saya berdoa kepada Allah semoga semua para kaum nelayan dijauhkan dari musibah dan semoga mendapatkan rezeki yang banyak ketika berlayar serta pulang dengan selamat," ungkapnya.

Lanjut Sabur, selaku Kepala Desa, dia berharap dengan tradisi petik laut yang dilaksanakan setiap tahunnya supaya mendapat rahmat dan ridho dari Allah SWT, juga mendapatkan do'a Barokah dari para Alim ulama' agar kedepannya lebih baik lagi.

Sabur menambahkan, kini petik laut tak hanya sekadar tradisi tapi juga jadi wahana pariwisata Petik Laut yang merupakan bagian dari atraksi budaya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Petik laut Pantai Juaming ialah warisan budaya yang telah berlangsung sejak lama. Tradisi yang dikemas dengan baik sehingga nantinya bisa menarik para wisatawan," pungkasnya.

Reporter : Yanto

Tinggalkan Komentar