KoinWorks Genjot Digitalisasi UKM lewat Kolaborasi Antar Lembaga

KoinWorks Genjot Digitalisasi UKM lewat Kolaborasi Antar Lembaga

KoinWorks

Liramedia.co.id, JAKARTA - Indonesia saat ini telah dibayang-bayangi oleh resesi, juga ditambah ketidakpastian dengan kondisi perekonomian yang terus bergejolak akibat pandemi. Sebagai salah satu penyokong tulang punggung perekonomian di Indonesia, sangat dianjurkan bahwa pelaku UKM ikut beradaptasi dengan implementasi digital dalam kegiatan operasionalnya.

Sebelumnya, pada Laporan Asia Pacific SMB Digital Maturity Study 2020 digitalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia ditaksir dapat meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$160-164 miliar pada 2024, serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi pasca Covid-19. KoinWorks sebagai sebuah platform Super Financial App pertama di Indonesia untuk personal dan pelaku bisnis, mengukuhkan kembali komitmen dalam untuk mendorong peningkatan digitalisasi UKM di Indonesia melalui penyediaan akses layanan keuangan serta pendampingan kepada UKM untuk transformasi digital.

Aldion Sianturi, selaku Head of Strategic Communication KoinWorks menjelaskan, KoinWorks mendukung usaha pemerintah untuk meningkatkan lebih banyak lagi pelaku UKM yang terkoneksi digital. KoinWorks secara aktif melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak yang juga memiliki fokus pada digitalisasi UKM seperti pemerintah, perusahaan swasta maupun lembaga dan komunitas UKM, salah satunya terlihat pada kerjasama program yang KoinWorks jalani sebelumnya bersama Pemprov DKI Jakarta.

Melalui program-program hasil kerjasama KoinWorks tersebut, hingga kini KoinWorks telah berhasil mendigitalisasi hingga lebih dari 180.000 UKM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

KoinWorks pun berkomitmen untuk dapat mengkoneksikan lebih banyak UKM di Indonesia ke teknologi digital salah satunya melalui pemberian akses pada layanan keuangan untuk berbagai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan efisien.

KoinWorks juga menyadari bahwa terkoneksi secara digital pun tidak serta merta menjamin keberhasilan pelaku UKM dalam berbisnis di platform digital. KoinWorks melihat beberapa beberapa aspek yang perlu dipahami oleh UKM agar dapat lebih bersaing di platform digital berkaitan dengan pengetahuan menjalankan bisnis daring seperti dalam hal strategi pemasaran digital, pencatatan keuangan dan pemanfaatan digital untuk alternatif pembiayaan yang saat ini masih menjadi hambatan digitalisasi UKM di Indonesia.

Menjawab tantangan tersebut, KoinWorks saat ini telah terhubung dengan ekosistem UKM Digital mulai dari e-commerce, logistik, POS, dll, sehingga hal ini dapat mempermudah pelaku-pelaku UKM yang ingin naik kelas dan bertransformasi menjadi UKM Digital.

KoinWorks juga melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada UKM Digital di KoinP2P salah satunya melalui penyediaan konten edukasi melalui media sosial dan blog KoinWorks, gerakan #LokalSupportLokal untuk membantu mempromosikan bisnis UKM Digital selama masa pandemi juga tentunya program restrukturisasi pinjaman bagi UKM Digital yang memerlukan pendampingan khusus akibat usahanya yang terdampak pandemi, dengan mengikuti kebijakan dan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

William, selaku Owner KJV MotoSport yang juga merupakan salah satu peminjam di KoinP2P yang memanfaatkan digitalisasi dalam usahanya menjelaskan Pada masa pandemi ini usaha yang kami jalankan yaitu jual-beli motor sport bekas melalui platform media sosial, sempat menerima dampak dan mengalami penurunan omzet yang cukup signifikan terutama di periode PSBB pertama bulan Maret-April lalu.

“Namun, kami melihat masa pandemi ini juga perlu dimanfaatkan oleh teman-teman pelaku UKM untuk mulai memanfaatkan teknologi digital untuk berinovasi, tentunya tidak ada kata terlambat dalam memulai transformasi digital khususnya untuk menjawab kondisi ekonomi yang terus berubah saat ini.”

“Pemanfaatan platform digital seperti KoinWorks pun dapat digunakan untuk pengembangan bisnis di masa ini. Kami sendiri selaku salah satu peminjam di KoinP2P juga berterima kasih kepada KoinWorks dan seluruh pendana di KoinP2P yang telah mendampingi saya untuk tetap menjaga kinerja serta mengembangkan usaha baik di masa pandemi maupun sebelumnya.”

Lebih jauh, KoinWorks pun telah menyiapkan berbagai program dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan finansial masyarakat Indonesia untuk bertransformasi sepenuhnya menjadi Super Financial App pertama di Indonesia. Seluruh upaya dan inovasi yang KoinWorks hadirkan tentunya sejalan dengan misi KoinWorks untuk ikut serta dalam program pemerintah demi meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. (*)

Reporter : Zainuddin Qodir

Image
Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh rencana kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Timur dengan Maspion IT.