Content: / /

LIRA Meluncurkan Koperasi LIRA Sejahtera

Advertorial

03 Mei 2018
LIRA Meluncurkan Koperasi LIRA Sejahtera

Tampak Ollies Datau, Sandiaga Uno, Meliadi Sembiring, dan Abu Bakar Al Habsy

Liramedia.co.id, JAKARTA - Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) meresmikan peluncuran Koperasi LIRA Sejahtera. Peresmian ini diadakan di aula Kementrian Koperasi dan UMKM, pada Rabu (2/5/2018).

Acara dihadiri oleh Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Asmen Kemenkop, Meliadi Simbiring, Presiden LIRA, Ollies Datau, dan Penasehat LIRA, Habib Abubakar. Tema yang diangkat ialah “Peran Koperasi dan UMKM Dalam Kerangka Kemandirian Ekonomi Rakyat”.

Dalam sambutannya, Ketua Koperasi LIRA Sejahtera, Andi Wijaya mengatakan, bahwa permasalahan negeri ini adalah belum optimalnya pembangunan sektor ekonomi, sehingga kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi menjadi hal yang sangat riskan untuk dapat diharapkan menjadi ketahanan bangsa secara menyeluruh.

Pembangunan perekonomian yang paling tepat dan sesuai, tentu saja yang tumbuh dan berakar dari kultur budaya bangsa sendiri. Yaitu perekonomian yang mengacu pada kultur dan budaya yang berazaskan pada kekeluargaan dan gotong royong.

"Bentuk perekonomian itu adalah Koperasi, yang menjadikan kesejahtetaan bersama secara demokrasi sekaligus sebagai soko guru," tambah Andi.

LIRA sebuah LSM yang berdiri sejak tahun 2004, menyadari bahwa dengan potensi yang luar biasa anggotanya yang tersebar di 21 provinsi, seyogyanya turut berperan aktif dalam gerakan perekonomian ini.

Untuk itu, LIRA mendirikan koperasi yang sejatinya mengangkat harkat perekonomian anggotanya, dan koperasi itu di beri nama “Koperasi LIRA Sejahtera”.

Dalam sambutannya, Dewan Penasehat LIRA, Habib Abubakar mengatakan, koperasi yang dibuat oleh LIRA ini sangat mendukung program Pemerintah pada umumnya, lebih spesial lagi DKI Jakarta.

Anggota DPR RI komisi III ini menambahkan, LIRA sebagai lembaga swadaya masyarakat dituntut bisa hadir dalam kehidupan bermasyarakat diberbagai sisi, salah satunya meningkatkan ekonomi rakyat.

Untuk itulah, dengan berdirinya koperasi LIRA sejahtera ini sangat penting, karena sebagai soko guru perekonomian. Karena koperasi dari dulu sampai sekarang dapat mencegah masyarakat terjerat oleh rentenir yang mencekik rakyat.

Presiden LIRA, Olies Datau, sangat memberikan apresiasi atas berdirinya Koperasi LIRA sejahtera dan kerjasamanya yang solid saling mendukung, dan berharap cepat diikuti oleh perwakilan LIRA di daerah-daerah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno juga sangat antusias meyambut gembira dengan terbentuknya Koperasi LiRA Sejahtera.

Mantan pengusaha yang biasa kerja keras ini berharap agar koperasi LIRA Sejahtera dapat membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

”Ketimpangan ekonomi yang semakin senjang, Koperasi dapat memperkecil itu,” tambah Sandiaga Uno.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tuan rumah, Menteri Koperasi yang diwakili oleh Asistennya, Meliadi Sembiring,mengatakan, bahwa kenaikkan 5% perekonomian kita belum merata di semua lapisan masyarakat. Dengan berdirinya koperasi diharapkan ada pemerataan.

“LIRA diharapkan dapat mewujudkan itu, bahkan kalau bisa mengeluarkan statistiknya,” lanjut Meliadi Sembiring.

Lebih lanjut Asisten Kemenkop ini mengatakan, “sebaiknya koperasi berorientasi jangan hanya kuantitasnya saja, tapi kualitasnya, bagaimana anggota merasakan manfaatnya”.

Dalam penutupnya, Meliadi menyarankan, agar para gubernur LIRA segera berkordinasi dengan dinas-dinas koperasi di setiap provinsi.

Akhirnya, acara ditutup dengan pemukulan gong bersama dari pihak Kemenkop dan jajaran LIRA. (Sidak)

Tinggalkan Komentar