Content: / /

LIRA Sumenep Kecam Pemotongan Dana PKH di Kecamatan Batu Putih

Kades

29 Agustus 2018
LIRA Sumenep Kecam Pemotongan Dana PKH di Kecamatan Batu Putih

Ilustrasi

LiraMedia.co.id, SUMENEP - Rencana Pemerintah mengentaskan kemiskinan warga tidak mampu melalui program PKH (Program Keluarga Harapan) di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, mendapat kecaman.

Berdasarkan penelusuran LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) DPD Sumenep, ada dugaan pemotongan bantuan PKH dengan jumlah sebesar Rp 90.000 per penerima PKH. Seorang penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program PKH yang enggan disebutkan identitasnya tak menyangka bantuan Pemerintah yang harusnya diterima utuh sebesar Rp 500 ribu tiap 3 bulan ternyata masih kena potongan oleh petugas pendamping PKH.

"Meskipun saya ngambil sendiri atau diambilin oleh ketuanya ke ATM, semuanya diwajibkan menyetor uang Rp. 90.000 kepada masing-masing ketua. Dan di setiap kampung itu diberi ketua sebagai kepanjangan tangan dari pendamping PKH," katanya.

"Kami hanya bisa memberikan keterangan ini kepada Korcam (Koordinator Camat) LIRA Batu putih. Bagi kami, potongan itu sangat memberatkan. Kami hanya bisa menerima saja, sebab kami takut di coret dari data penerima pada pencairan berikutnya," ucap dia saat ditemui di rumahnya, pada 22 Agustus 2018 yang lalu.

Menyikapi itu, Bupati LIRA Sumenep, Haryono mengecam keras terhadap pemotongan uang PKH yang harusnya diterima penerima manfaat.

"Itu adalah hak penerima, harusnya tanpa potongan apapun. Itu dipotong peruntukkannya untuk apa? Karena bantuan itu bebas dana administrasi," tegasnya.

Dia mensinyalir, praktik pemotongan itu sudah masuk ranah korupsi. Haryono curiga, ada aktor yang mengkoordinir agar para ketua itu mengumpulkan dana potongan.

"Siapa aktornya? Kami akan telusuri," pungkasnya.

(ion)

Tinggalkan Komentar