Content: / /

Melihat Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo Surabaya

Bisnis

22 November 2017
Melihat Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo Surabaya

Direktur Consumer Service TelkomGroup Mas’ud Khamid mengajak Ketua YLPK Jatim Said Sutomo memgoperasikan digital point MyIndihome - MyGrapari di Digital Grapari TelkomGroup Dinoyo Surabaya

Liramedia.co.id. SURABAYA – Dunia sudah memasuki era digital. Mau tidak mau, perusahaan khususnya perusahaan penyedia layanan digital harus melakukan transformasi layanan. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin akan ditinggal oleh pelanggannya. Begitu pun dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  atau dikenal dengan Telkom.

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, Telkom Group memandang pentingnya transformasi layanan, tidak hanya menyediakan layanan internet dan telpon, melainkan juga ke arah bisnis yang lain. Yakni, bagaimana memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam memanfaatkan teknologi dan juga pengembangan smart city dan smart country. Dan juga, Telkom punya ratusan layanan, diantaranya TV edukasi, TV wisata, TV store, sampai e commerce.

Langkah nyata yang dilakukan Telkom Group sebagai upaya transformasi layanan itu dibuktikan dengan diresmikannya Digital GraPARI TelkomGroup di Jalan Dinoyo, Surabaya, pada Rabu sore, 22 November 2017. Awalnya, Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo itu merupakan Plasa Telkom, yang melayani kebutuhan pelanggan IndiHome atau telpon.

Kini, dengan diresmikannya Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo, pelanggan Telkomsel juga dilayani di tempat tersebut. “Ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan TelkomGroup dan masyarakat pada umumnya," ujar Direktur Consumer Service Telkom Group, Mas’ud Khamid di usai peresmian Digital GraPARI di Surabaya. 

Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo ini merupakan Digital GraPARI TelkomGroup yang ketiga, setelah di Medan dan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, yang diresmikan belum lama ini. Secara nasional, Digital GraPARI TelkomGroup ada empat, yang terakhir di Lembong, Bandung.

Kehadiran Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo ini untuk melayani pelanggan Telkom dan Telkomsel yang jumlahnya lebih dari 200 juta pelanggan di seluruh Indonesia, dengan asumsi pelanggan IndiHome sekarang mencapai 2,7 juta pelanggan dan sampai akhir tahun diharapkan bisa 3 juta pelanggan.

Diakui Mas’ud, diresmikannya Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo ini tidak lepas dari dukungan dari Pemerintah, baik Pemerintah Pusat atau Daerah, dan juga mitra Telkom Group.

Melalui launching Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo ini, Mas’ud berharap agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tahun ini, dia menargetkan bisa membangun 8 Digital GraPARI TelkomGroup. Dan tahun 2018, targetnya bisa meresmikan 27 Digital GraPARI TelkomGroup. Sehingga total Digital GraPARI TelkomGroup dalam 2 tahun bisa meresmikan 35 Digital GraPARI TelkomGroup.

Digital GraPARI TelkomGroup disetting sebagai pusat pelayanan bagi pelanggan Telkom dan Telkomsel, bernuansa digital yang menyediakan beragam layanan terkini untuk menghadirkan seamless experience bagi pelanggan.

Pusat pelayanan pelanggan ini juga sekaligus sebagai wadah edukasi, agar pelanggan dan masyarakat dapat merasakan Digital Customer Experience melalui berbagai fasilitas digital yang canggih, unik, dan relevan dengan gaya hidup masyarakat digital mulai dari Digital Welcoming Screen sebagai petunjuk pilihan digital experience sesuai kebutuhan pelanggan.

Selain itu, terdapat juga digital point myIndiHome-MyGraPARI untuk mensolusikan berbagai masalah pelanggan Telkom maupun Telkomsel secara self-service seperti layanan pelanggan IndiHome, penggantian kartu Halo, penambahan layanan IndiHome, layanan kartu Telkomsel sampai dengan layanan pembayaran debit, kredit maupun tunai.

Digital GraPARI TelkomGroup juga menyediakan Discovery Screen yang merupakan fasilitas untuk mencari tahu dan memahami kelebihan produk-produk Telkom maupun Telkomsel sesuai kebutuhan dan lifestyle pelanggan melalui pengalaman digital menggunakan meja canggih berlayar sentuh.

Fasilitas lainnya yang akan memanjakan pelanggan secara digital juga tersedia di Experience Screen yang merupakan teknologi mutakhir menampilkan fitur digital layanan Telkom maupun Telkomsel di dinding kaca dengan proyektor berlayar sentuh. Digital GraPARI TelkomGroup juga menampilkan berbagai atraksi digital yang bisa memperkaya customer experience, seperti perangkat Smart Living, atau biasa disebut rumah pintar berbasis teknologi internet of things (IoT) serta virtual reality yang memberikan pengalaman visual yang berbeda.

Hadir dengan konsep ruang layanan yang terintegrasi dengan digital lifestyle experience, GraPARI ini juga memiliki konsep tata ruang yang didesain berdasarkan journey experience pelanggan dengan ruang yang lebih luas sehingga memungkinkan petugas pelayanan membantu pelanggan secara lebih aktif dan persuasif untuk mewujudkan customer intimacy.

Digital GraPARI TelkomGroup memberikan layanan dengan konsep “One and Done” dimana petugas pelayanan dapat melayani seluruh kebutuhan pelanggan TelkomGroup yang didukung digital device sehingga diharapkan dapat menyediakan solusi layanan pelanggan dengan tuntas. 

“Ada 4 hal penting dalam Digital GraPARI TelkomGroup di Dinoyo ini. Pertama simple. Maksudnya, layanan kami sangat simple. Kedua, secure dalam artian pasti. Atau konsumen tidak perlu lagi menggunakan layanan Telkom Group. Ketiga, realistis baik produk atau market. Dan terakhir ialah convenience, artinya tanpa kita sadari kita sedang main-main. Di Digital GraPARI TelkomGroup ini juga paperless, mau ketemu langsung dengan costumer service atau langsung menggunakan teknogologi digital yang disediakan disini,” jelas Mas’ud.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jawa Timur, Said Utomo memberikan apresiasi atas diresmikannya Digital GraPARI TelkomGroup di Jalan Dinoyo.

“Tahun 1990-an, Telkom masih disebut sebagai produk sentries. Pokoknya jualan telpon. Lalu, saat kami jadi Dewan Pelanggan, waktu itu anggotanya dari LBH, PT SIER, REI, dan semua stakeholder dikumpulkan jadi satu. Disitu, ditanya apa kemauan dan kelemahan Telkom. Saat itu Telkom membuka diri,” kata Said Utomo.

“Sekarang, Telkom sudah pada tahapan konsumen sentries. Jadi, apa kemauan konsumen, itu yang dipenuhi Telkom. Produk maupun jasa yang dijual Telkom, match dengan kebutuhan konsumen saat ini. Untuk itu, kami harap Telkom terus memberikan yang terbaik bagi konsumen,” ujar Said Utomo. (Did)

 

Tinggalkan Komentar