Content: / /

Mengenal dr Gamal Albinsaid, Pemuda Asal Malang Pengganti Ratna Sarumpaet

Politik

05 Oktober 2018
Mengenal dr Gamal Albinsaid, Pemuda Asal Malang Pengganti Ratna Sarumpaet

dr Gamal Albinsaid (kedua dari kiri)

LiraMedia.co.id, JAKARTA - Usianya baru 29 tahun. Tapi prestasinya sudah ke kencah internasional. Dialah dr Gamal Albinsaid. Dokter Gamal Albinsaid merupakan pendiri Klinik Asuransi Sampah (Garbage Clinical Insurance).

Klinik itu adalah sebuah gerakan social entreprise yang dibangun untuk membantu masyarakat kelas menengah ke bawah memperoleh akses kesehatan di level mikro dengan membayar menggunakan sampah. Dokter Gamal Albinsaid, seorang dokter asal Malang, Jawa Timur sekaligus alumni Universitas Brawijaya (Unibraw).

Pengalaman pribadinya melihat kejadian seorang anak berusia lima tahun di Jakarta meninggal dunia karena tidak mampu membayar biaya pengobatan di Puskesmas menginspirasi dr. Gamal Albinsaid untuk mendirikan Klinik Asuransi Sampah.

Melalui gerakan ini, masyarakat cukup mengumpulkan sampahnya di klinik yang telah ditentukan pada setiap minggunya. Sampah-sampah tersebut selanjutnya akan dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik diolah menjadi pupuk sedangkan sampah anorganik diolah menjadi benda-benda yang memiliki nilai ekonomi dan artistik.

Profit dari penjualan produk-produk tersebut akan dipergunakan untuk membiayai kesehatan masyarakat di level mikro. Bentuk-bentuk layanan kesehatan yang ditawarkan kepada masyarakat antara lain preventif (cek kesehatan gratis, konsultasi gizi), kuratif (pengobatan ketika masyarakat sakit, termasuk pemberian obat), dan rehabilitatif (pengobatan lanjutan).

Kini, dokter Gamal dipercaya oleh cawapres Sandiaga Salahuddin Uno untuk menggantikan Ratna Sarumpaet dari posisi juru kampanye nasional kubu Prabowo-Sandi.

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Gamal merupakan sosok anak muda yang aktif sebagai wirausaha. Selain itu, Gamal juga sosok yang aktif sebagai pegiat sosial.

"Dokter Gamal Albinsaid ini adalah anak muda punya kedekatan dengan saya pribadi. Kita sama sama aktif di kegiatan wirausaha sosial beliau mengagas layanan kesehatan berbasis bank sampah dulu di malang dan sekarang sudah ada di seluruh wilayah Indonesia," kata Sandiaga di Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.

Saat ini Gamal aktif memerangi kemiskinan dengan membangun kewirausahaan sosial. Menurut Sandi, Gamal telah diliriknya sejak lama untuk memperkuat timnya. 

"Dia sudah bersedia bergabung bersama sekitar 120 anak-anak muda, ini anak muda yang berpandangan sebagai wirausaha sosial ini yang akan mendapatkan tempat lebih luas di badan pemenangan," ujarnya. (did)

Tinggalkan Komentar