Content: / /

Pemerintah Desa Harus Mampu Manfaatkan ADD untuk Kesejahteraan Rakyat

Kades

07 Februari 2019
Pemerintah Desa Harus Mampu Manfaatkan ADD untuk Kesejahteraan Rakyat

Acara peningkatan kapasitas bagi aparatur desa

Liramedia.co.id, BANGKALAN - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Desa sebanyak 1033 orang terdiri dari 72 Camat dan 961 Kepala Desa Se Madura di Gedung Rato Ebo, Bangkalan, Kamis (07/02/2019).

Turut hadir dalam acara ini, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Nata Irawan, Anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun, M.T, Wakil Bupati Sampang, Sumenep, Perwakilan Bupati Pamekasan, beserta camat dan perwakilan kades se-Madura. 

Ketua Edy Supriyanto, Kepala Balai Besar Malang menjelaskan Pemerintahan Desa selaku Ketua Pelaksana kegiatan di masing-masing desa dengan digelarnya forum Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dalam rangka meningkatkan Aparatur Desa, agar dapat memahami efektivitas APBN yang dikucurkan ke Desa baik dari segi pelaporan penggunaan anggaran secara administrasi dan pertanggung jawaban, bertujuan semua upaya Pemerintah dalam mensejahterakan desa makin meningkat dan Bermanfaat untuk masyarakat kalangan bawah.

Sementara Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron yang hadir dalam kesempatan itu berharap forum ini bisa menyamakan persepsi antara Pemdes dan Pemkab demi pembangunan Bangkalan yang lebih baik. 

"Gunakan alokasi dana desa (ADD) dengan bijak," pesan Bupati Bangkalan dalam sambutannya.

 Selain itu, ia berharap kepada para kades untuk lebih berperan aktif menjaga lingkungannya, utamanya dalam hal penyebaran narkoba serta isu radikalisme.

Hadi Prabowo, Sekjen Kemendagri, dalam pengarahannya menjelaskan bahwa sejak 2014 lalu, desa menjadi proritas dalam hal pembangunan, Desa diberikan mandat yang lebih luas dan menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah pusat sebagai ujung tombak masyarakat bawah.

"Sejak 2014, sudah 257 triliun rupiah dana yang dikucurkan ke desa sebagai wujud perhatian pemerintahan kepada desa," ungkap Hadi Prabowo.

Hal senada disampaikan Zainuddin Amali selaku Ketua Komisi II DPR RI. Ia mengajak kepala desa dan aparaturnya mampu mengelola ADD yang setiap tahunnya terus meningkat.

Sebab, pembangunan desa merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo dalam Nawacita.

"Oleh karena itu, saya harap kepada kepala desa agar meningkatkan kapasitasnya agar mampu membagun desanya menuju desa maju dan sejahtera," ujar politikus Golkar.

Reporter : Ach.Yanto

Tinggalkan Komentar