PT Pertamina Lubricants Berperan Aktif Menciptakan Wirausaha Baru Melalui Program ESP

PT Pertamina Lubricants Berperan Aktif Menciptakan Wirausaha Baru Melalui Program ESP

Program CSR Enduro Student Program (ESP)

Liramedia.co.id, Tuban – PT Pertamina Lubricants Sales Region V Wilayah Jawa Timur hari ini resmi menutup program CSR Enduro Student Program (ESP) untuk wilayah Tuban.

Bertempat di SMKN 1 Kabupaten Tuban dan dihadiri oleh perwakilan dari PT Pertamina Lubricants, Perwakilan SMKN 1 Tuban, Perwakilan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban, Dewan Guru SMKN 1 Tuban, Perwakilan PT.UNDIP MAJU, Perwakilan Bengkel Mitra, Peserta ESP tahun 2019, serta  Perwakilan Orang Tua peserta ESP Tuban.

Enduro Student Program merupakan program CSR unggulan PT Pertamina Lubricants dengan menggunakan pendekatan Creating Shared Value (CSV) yang telah dilaksanakan di 3 wilayah Ring I Production Unit dan 5 Sales Region PT Pertamina Lubricants sejak tahun 2016 dan telah menciptakan 84 bengkel mandiri dan 84 bengkel mitra berwawasan lingkungan serta mencetak lebih dari 255 orang wirausahawan bengkel mandiri dengan melibatkan lebih dari 100 SMK dalam pelaksanaannya dan pada tahun 2019 ini dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Ring I Production Unit Jakarta, Tuban dan Balikpapan.

Program ESP Tuban tahun 2019 melibatkan 16 peserta yang berasal dari SMKN 1 Tuban dan SMK Taruna Jaya Prawira Tuban yang telah berhasil melalui beberapa tahapan pelatihan yaitu pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung selama 5 Minggu yang meliputi pelatihan mekanik sepeda motor teori dan praktik, pelatihan Character Building dan wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan, product knowledge pelumas serta Creative Thinking.

Selanjutnya peserta melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants dimana peserta menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

Dalam penutupan ini, PT Pertamina Lubricants memberikan bantuan modal kerja kepada setiap kelompok berupa paket toolkits, Compressor, Pelumas Pertamina, serta spareparts dengan nilai yang berbeda-beda sesuai dengan peringkat tim terbaik yang dinilai saat masa magang / praktik kerja.

Total nilai paket bantuan modal kerja yang diberikan adalah sebesar Rp.150 juta.  

Program ESP bertujuan pada tiga hal, yakni peningkatan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan. Melalui program ESP PT Pertamina Lubricants berupaya memberikan kontribusi dalam pembangunan generasi muda penerus bangsa yang berkeberlanjutan dengan berperan aktif dalam menciptakan wirausaha baru sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru. (*)  

Image