Content: / /

Saksi Hanura di Sidoarjo Didaftarkan BPJS Tk Oleh Dondik Agung Subroto

Politik

12 April 2019
Saksi Hanura di Sidoarjo Didaftarkan BPJS Tk Oleh Dondik Agung Subroto

Dondik Agung Subroto atau Abadont (kanan) menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada kader sekaligus saksi Hanura di Pileg.

LiraMedia.co.id, SIDOARJO - Setiap orang pastinya tak mau mengalami kecelakaan kerja. Juga, tidak seorang pun yang dapat menghindari kecelakaan. Yang bisa dilakukan ialah mengantisipasi dan menproteksi diri dengan jaminan sosial sebelum itu terjadi.

Salah satunya melalui keikutsertaannya menjadi peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTk) Program Pemerintah tersebut langsung ditangkap oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Sidoarjo, dengan mengikutsertakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaannya sekaligus jadi saksi Hanura Sidoarjo di Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019.

Ratusan pelaku UMKM binaan Hanura sekaligus dijadikan saksi di Pileg tersebut diikutsertakan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah (BPU) untuk 2 program jaminan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Untuk BPU ini, peserta mendapatkan fasilitas perawatan dan pengobatan di rumah sakit jika mengalami kecelakaan kerja, dan biaya medis ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Bedanya BPU dengan kepesertaan penerima upah yang didapat dari perusahaan, jika BPU ini tercover selama dia bekerja saat melakukan usaha dan tidak terbatas waktu.

Sedangkan penerima upah yang terdaftar di perusahaan pertanggungannya saat kecelakaan kerja berdasarkan jam kerja perusahaan.

Untuk program Jaminan Kematian ialah fasilitas yang akan diperoleh oleh peserta jika yang bersangkutan meninggal biasa, maka ahli warisnya mendapatkan Rp21 juta.

Namun apabila peserta meninggal karena kecelakaan kerja, maka mereka akan mendapatkan 48 kali penghasilan yang menjadi patokan.

"Program Pemerintah ini sangat bagus sekali. Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kader kami yang menjadi pelaku UMKM sekaligus jadi saksi di Pileg dan Pilpres nanti, maka DPC Hanura mengikutsertakan mereka ke program Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Karena kami tidak tahu, kecelakaan dan kematian bisa menimpa siapa saja, tapi setidaknya sudah ada proteksi melalui kepesertaan tersebut," ujar Ketua DPC Hanura Sidoarjo, Dondik Agung Subroto usai menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi kader UMKM binaan Hanura Sidoarjo sekaligus menjadi saksi Hanura di Pileg nanti, di Desa Kedungsumur, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Rabu malam, 10 April 2019.

Mengenai pembayarannya, selama kurang lebih 3 bulan ke depan akan ditanggung oleh Dondik Agung Subroto. Selanjutnya, pembayaran kepesertaan bisa dilakukan sendiri melalui koordinator dari DPC Hanura Sidoarjo, yang ditangani oleh Mulyono.

Dondik berharap, semua kader dan saksi Hanura Sidoarjo di Pileg yang didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan ini terproteksi dengan keikutsertaannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Semua tak ingin celaka, tapi alangkah baiknya memproteksi diri jika sewaktu-sewaktu terjadi pada diri kita hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga mereka tidak mengeluarkan biaya pribadi yang nilainya cukup besar karena kader dan saksi Hanura telah kami daftarkan sebagai BPJS Ketenagakerjaan," jelas Dondik, yang akrab dipanggil Abadont. (did)

Tinggalkan Komentar