SCCF Paparkan Industri Kreatif Surabaya di Ajang ICCN 2017

SCCF Paparkan Industri Kreatif Surabaya di Ajang ICCN 2017

Samsul Hadi (tengah) bersama pegiat industri kreatif di ICCN 2017

Liramedia.co.id, MAKASSAR - Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi tuan rumah pertemuan pelaku industri kreatif dalam ajang Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2017. Acara ini berlangsung mulai Rabu hingga Minggu, 6-10 September 2017.

Ini akan menjadi ajang bagi kota-kota kreatif di Indonesia untuk tidak sekedar mengarusutamakan melainkan membumikan kreativitas hingga tataran implementasinya.

Dalam pelaksanannya, acara ini melibatkan 5 unsur lintas sektor atau disebut Pentahelix, yaitu birokrasi, pelaku bisnis, komunitas, akademisi, dan media.

ICCN atau Jejaring Kabupaten Kota Kreatif se-Indonesia merupakan hasil dari ICCC yang diselenggarakan pada 22-25 Oktober 2015 di Solo. ICCN diluncurkan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Triawan Munaf pada 21 Desember 2015 di Mpu Sendok, Jakarta. 

ICCN berkomitmen memajukan kota-kota kreatif di Indonesia. Yang dimaksud sebagai  sebagai kota kreatif adalah kota yang melakukan riset dan pengembangan untuk menumbuhkan pembangunan ekonomi dengan engine kreativitas (mesin penggerak kreativitas). 

Mesin penggerak kreativitas itu berupa ide/gagasan yang kreatif dan inovatif yang ditopang oleh kelengkapan infrastruktur kelembagaan dalam keterlibatan unsur quadro helix (birokrasi, akademisi, bisnis, dan komunitas) serta adanya dukungan infrastruktur digital yang berkualitas dan modern.

ICCC ketiga tahun ini diselenggarakan ICCN dan Pemerintah  Kota Makassar bekerja sama dengan festival waterfront terbesar di dunia yaitu Makassar International Eight Festival and Forum (F8 Makassar 2017) yang diadakan selama 5 hari di Losari Makassar.

Konferensi kembali dihadiri ratusan pemimpin Kabupaten kota, penggiat kota Kreatif  Indonesia, jejaring kota kreatif dunia dan jejaring kota kreatif Asia Tenggara dan Cities Synergies. 

Ketua Pelaksana ICCC 3, 2017, M Arief Budiman menyampaikan dalam laporan acara bahwa dalam penyelenggaraan selama 4 hari ini diikuti 600 peserta konferensi yang terdiri dari 4 aktor kota kreatif  yaitu 100 Pemerintah Daerah, 200 Pelaku Usaha.

Salah satu pegiat industri kreatif yang turut hadir ialah Surabaya Creative City Forum (SCCF), yang diwakili langsung oleh ketua SCCF, Samsul Hadi.

Di hadapan peserta undangan, Samsul Hadi memaparkan tentang beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan SCCF di Surabaya.

Masing-masing kegiatan dari 14 simpul SCCF membuat peserta takjub, karena industri kreatif di Surabaya berkembang cukup pesat. Dan tak lupa, Samsul Hadi juga menyampaikan ringkasan singkat tentang keberadaan SCCF sebagai tempat atau wadah bagi insan kreatif di Surabaya. (Did)

Image