Content: / /

Situs Sendang Agung Sidoarjo Semakin Banyak Pengunjungnya

Peristiwa

25 Juli 2019
Situs Sendang Agung Sidoarjo Semakin Banyak Pengunjungnya

Situs Urang Agung

LiraMedia.co.id, SIDOARJO - Situs Sendang Agung akan memperingati hari ulang tahun. Dalam rangka itu, persiapan demi persiapan dilakukan oleh panitia termasuk kirab tumpeng. Kirab tumpeng yang akan dilaksanakan di Kelurahan Urang Agung, Kecamatan Sidoarjo, mendapat antusias dari masyarakat.

Rencana acara kirab tumpeng akan diselenggarakan pada awal bulan Suro atau bulan Muharam. Situs Sendang Agung yang berada di Kelurahan Urang Agung adalah salah satu situs Budaya yang berada tepat di Tanah Kas Desa(TKD).

Bpk Giono saat di wawancarai wartawan di lokasi situs menjelaskan, sebagai warga Kelurahan Urang Agung, pihaknya punya kewajiban untuk mengangkat dat Jawa guna melestarikan budaya.

"Situs Sendang Agung disini sebagai cagar budaya Kelurahan Urang Agung," ucapnya.

"Kedepannya agar menjadi destinasi wisata dan sejarah Bangsa Indonesia. Kedepannya mau minta audensi ke dinas purbakala. Dan harapan warga Urang Agung, tempat ini supaya bisa dikenal dari jajaran Tokoh Budaya Indonesia. Seperti di tempat lainnya. Seperti di Trowulan Mojokerto," jelasnya.

Lanjut dia, sudah hampir 4 tahun situs Sendang Agung ini, warga juga ingin Pemerintah ikut merespon terhadap temuan-temuan situs yang ada di Sidoarjo ini, khususnya di Kelurahan Urang Agung.

"Harapan dari warga dan tokoh masyarakat adalah bagaimana untuk bisa melakukan kegiatan yang sekiranya bisa mempertahankan penemuan situs Sendang Agung bisa meningkatkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Kepala Kelurahan Urang Agung juga mengajak warganya untuk ikut antisipasi menjaga kelestarian penemuan ini," katanya.

Dia juga mengatakan, bagaimana Urang Agung ini bisa menjadi destinasi wisata budaya.

"Besar harapan kami agar bisa dikembangkan sebagai wawasan anak bangsa. Siapapun yang ingin berkunjung di situs Sendang Agung tidak membatasi agama atau kepercayaan apapun boleh melakukan kegiatan disini," pungkas dia. (dori)

Tinggalkan Komentar