Content: / /

Strategi Indomaret Hadapi Persaingan dengan Toko Online

Bisnis

30 Oktober 2017
Strategi Indomaret Hadapi Persaingan dengan Toko Online

Liangki Iskandar (kiri)

Liramedia.co.id, SURABAYA – Keberadaan toko online (marketplace) sudah tidak bisa dibendung lagi di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi. Peritel modern atau pun tradisional, harus punya strategi lebih bagus untuk menghadapi persaingan tersebut. Seperti halnya yang dilakukan oleh PT Indomarco Prismatama sebagai pengelola minimarket Indomaret.

Selain beradaptasi dengan perkembangan teknologi melalui Klik Indomaret, Manajemen Indomaret juga memiliki stratagei lain. Apa itu?

Branch Manager PT Indomarco Prismata Cabang Gresik, Liangki Iskandar menjelaskannya. Ditemui di salah satu hotel di kawasan Jl Embong Malang Surabaya belum lama ini, Liangki tidak menampik pengaruh toko online sangat berdampak terhadap bisnis Indomaret.

Maka itu, pihaknya juga harus punya strategi dan bertransformasi agar bisnisnya terus bertumbuh. Diantara strategi itu ialah membuat Convenience Store yang memberikan kemudahan bagi konsumennya. Contohnya ialah menyediakan ruang ‘nongkrong’ di dalam atau di samping minimarket Indomaret.

Siasat itu dinilai efektif, dan mampu mendatangkan banyak pembeli. Di Surabaya sendiri, sudah ada beberapa titik. Diantaranya di Indomaret Jl Dipenogoro, Indomaret Jl Raya Darmo, dan beberapa titik lagi.

“Itu ialah tren kekinian yang terus kami buat. Dan lagi, kami menyediakan sesuatu yang praktis bagi konsumen, misalnya buah. Di gerai kami, buah juga sudah ada yang berbentuk kupas. Karena kami melihat kecendrungan masyarakat kota yang sibuk dan tidak sempat mengupas buah sendiri,” jelasnya.

Peluang lain yang sedang digarap Indomaret ialah merambahnya pusat oleh-oleh khas suatu daerah. Liangki mengakui, bukan tidak mungkin upaya yang dilakukan Indomaret ialah sebagai minimarket juga sebagai pusat oleh-oleh khas daerah.

“Indomaret bukan hanya tempat belanja, tapi pusat oleh-oleh,” lanjutnya. (Did)

Tinggalkan Komentar