Content: / /

TMMD 106 Kodim 0816 Sidoarjo Resmi Ditutup

Hukum

30 Oktober 2019
TMMD 106 Kodim 0816 Sidoarjo Resmi Ditutup

Kegiatan TMMD ke 106 Kodim Sidoarjo

Liramedia.co.id, Sidoarjo - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0816 Sidoarjo telah resmi ditutup hari ini, Rabu (30/10) pagi. TMMD Kodim 0816 Sidoarjo ditutup dengan upacara di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono SH., CHRMP.

Penutupan TMMD dihadiri Satuan Jajaran Pangdam V Brawijaya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.,M.Hum, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH., Ketua DPRD Sidoarjo M Usman, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, Para OPD Kabupaten Sidoarjo dan sejumlah tamu Kehormatan lainnya.

Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono menyampaikan kilas baik kegiatan TMMD yang sudah berlangsung selama 39 tahun yakni sejak dilaksanakanpada tahun 1980 yang diinisiasi oleh Panglima TNI Jendral M Yusuf dengan sebuatan ABRI Masuk Desa (AMD).

“TMMD merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, kementerian, lembaga, dan masyarakat sebagai upaya pemerintah mempercepat pembangunan nasional,” kata Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono dalam sambutannya.

Dalam amanatnya, Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono menyampaikan upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke 106 dengan mengambil tema “Melalui TMMD,Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Untuk itu, lanjut Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, kegiatan TMMD ini ditujukan terutama untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga hasilnya diharapkan tepat sasaran.

Terkait dengan program fisik TMMD 106 Kodim 0816 Sidoarjo, yang sukses dikerjakan antara lain pembangunan jalan, penguatan jalan dan jembatan, pembuatan avour (Irigasi), PJU di 30 titik, rehab SDN Kupang, program paving jalan dan tambahannya yaitu program RTLH Rumah tidak layak huni ada lebih 10 rumah, serta pembuatan jambanisasi untuk warga yang belum mempunyai jamban ada 20 unit, dan program non fisik seperti penyuluhan sanitasi, kesehatan, pertanian, wasbang dan lainnya.

"Bagi para Prajurit dan personel Satgas, agar manfaatkan momentum TMMD ini untuk meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat, dengan terus menumbuhkan semangat gotong-royong dan etos kerja keras dalam masyarakat," ucap Jenderal Bintang satu itu.

Selain itu, Pangdam V Brawijaya yang diwakilkan Dan Lantamal V Surabaya juga mengucapkan terimakasih kepada unsur Pemerintah Daerah dan masyarakat, serta semua pihak yang telah mendukung TMMD dengan tulus dan ikhlas.

Dalam kesempatan ini Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengapresiasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0816/Sidoarjo di Desa Kupang, Kecamatan Jabon.

Menurut Bupati Saiful Ilah, banyak kegiatan yang sangat positif sekali dengan digelarnya TMMD tersebut. Tidak hanya memunculkan kembali semangat gotong royong namun rasa kebersamaan antara TNI dan masyarakat yang kian kental.

“Semangat gotong royong dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat itu sangat penting, sehingga tercipta kerja sama yang bernuansa kekeluargaan, persatuan dan kesatuan,” ujar Bupati Saiful ilah.

Usai upacara penutupan TMMD ke 106 Kodim 0816/Sidoarjo, Dan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono didampingi Bupati Sidoarjo, menyerahkan secara simbolis, sembako, trophy juara, penghargaan kepada perwakilan masyarakat, dilanjutkan peninjauan Bakti Sosial dan UMKM binaan Kodim Sidoarjo. (dori)

Tinggalkan Komentar