Tumpukan Sampah Sumbat DAS Dunguling Jadi Sorotan LIRA Sidoarjo

Tumpukan Sampah Sumbat DAS Dunguling Jadi Sorotan LIRA Sidoarjo

Tumpukan sampah di DAS Dunguling

Liramedia.co.id, Sidoarjo - Sungguh memprihatinkan melihat tumpukan sampah di daerah aliran sungai (DAS) Dunguling, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Jika dibiarkan, saat musim hujan tiba bisa jadi akan menyumbat aliran air dan berdampak pada terjadinya banjir.

Perangkat desa setempat bahkan masyarakat serasa tak peduli. Bahkan tiap hari volume sampah terus bertambah, mulai dari sampah plastik, popok bayi, sampai sampah sisa sayuran. Ditambah penumpukan gulma yang menyumbat aliran air.

Kondisi ini disesalkan oleh tim Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sidoarjo. Saat memantau di lapangan, tim dari Lira Sidoarjo melihat tumpukan sampah mengular sepanjang aliran sungai Dunguling.

"Penumpukan sampah ini diduga ulah masyarakat desa sekitar dan Perumtas 5 Prambon yang kurang kesadarannya membuang sampah ditempat pembuangan yang telah disediakan. Akibatnya mereka membuang sampah sembarangan," ujar Mulyono,

Wakil Bupati LIRA Sidoarjo. Mulyono mendesak agar perangkat desa setempat menertibkan warganya untuk tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai.

Dia juga mengajak warga agar bisa membersihkan lingkungan utamanya tumpukan sampah di sungai supaya jika musim hujan tiba tidak terjadi banjir.

"LIRA siap bermitra dengan Pemdes atau kelompok masyarakat bersih-bersih sungai dari tumpukan sampah. Marilah menjaga lingkungan ini, jangan sampai akibat ulah segelintir masyarakat membuang sampah di sungai berdampak pada masyarakat luas," tegas Mulyono. (*)

Image