450 Pasukan Yonif Mekanis 512/QY Dapat Kehormatan dari Negara.

450 Pasukan Yonif Mekanis 512/QY Dapat Kehormatan dari Negara.

Surabaya, [liramedia.co.id] – Sebanyak 450 personel Yonif Mekanis 512/QY diberangkatkan oleh Dangartap III/Surabaya, Mayjen TNI Suharyanto ke Jayapura, Papua. Tepatnya di perbatasan Indonesia-Papua Nuguni. Pemberangkatan pasukan itu, ditandai dengan adanya upacara pemberangkatan yang digelar di Dermaga Ujung, Surabaya. Senin, (21/02/ 2021) pagi.

Mayjen TNI Suharyanto menyebut, tugas operasi yang diamahkan ke prajurit Yonif 512, merupakan suatu kehormatan. Sebab, tak mudah bagi seorang prajurit untuk bisa menjalankan tugas operasi. “Tugas pengamanan perbatasan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh negara kepada TNI. Mereka memiliki tugas yang tidak ringan, yaitu menjaga perbatasan Indonesia-Papua Nugini,” kata Dangartap. Selain menjaga perbatasan, ia menyebut keberadaan pasukan Yonif 512 nantinya juga harus bisa menciptakan situasi yang kondusif, sekaligus memberikan rasa aman terhadap masyarakat.

“Sekaligus membantu aparat terkait dalam menangani permasalahan yang terjadi di perbatasan, salah satunya pelanggaran batas negara, penyelundupan barang illegal dan gangguan keamanan lainnya,” tegasnya.

Beberapa penekanan lainnya pun, ditegaskan dihadapan Satgas Pamtas, termasuk adanya meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Kita menyadari TNI adalah prajurit yang berasal dari rakyat, dan berjuang untuk rakyat. Maka dari itu, ketika tiba di tempat penugasan, mereka harus bisa beradaptasi serta memahami kultur maupun budaya masyarakat,” pintanya. (Pendam V/Brawijaya/Bbh).

Image
IDI Papua Berharap Jaminan Keamanan Pada Tenaga Kesehatan

IDI Papua Berharap Jaminan Keamanan Pada Tenaga Kesehatan

Terkait situasi penyerangan, pembakaran, dan penembakan terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas Kiwirok, Pegunungan Bintang,