Anggaran Jumbo di Dinas Pendidikan Gresik, Hampir Rp 1 Triliun

Anggaran Jumbo di Dinas Pendidikan Gresik, Hampir Rp 1 Triliun

Kegiatan di Disdik Gresik

Liramedia.co.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik mendapatkan alokasi anggaran cukup besar di tahun 2021, yakni Rp 873.420.286.730. Alokasi anggaran tersebut menempatkan Dinas Pendidikan Gresik di peringkat pertama dari organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Gresik.

Rincian anggaran fantastis itu yakni Rp 426.819.607.397 untuk belanja pegawai dan Rp 446.600.679.333 untuk belanja kegiatan atau sub kegiatan. Anggaran hampir 1 triliun rupiah itu terungkap saat Dispendik Gresik menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) di UPT SMPN 1 Gresik.

Dalam agenda tersebut, besarnya angka belanja di Dispendik Gresik dipertanyakan sejumlah pihak. Pasalnya, mutu dan kualitas pendidikan di kabupaten berjuluk kota santri ini dinilai masih buruk dan jauh dari yang diharapkan.

Sejumlah lembaga pendidikan mempertanyakan soal kurangnya guru agama, minimnya anggaran, tak representatifnya sarana pendidikan, hingga banyaknya pelajar yang lebih memilih belajar di luar Gresik.

Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Gresik, Syaiful Khirom kepada wartawan mengungkapkan bahwa pihaknya menjadi tumpuan masyarakat untuk mencetak pelajar.

“Jadi, jujur kita (DP) juga merasa miris ketika banyak pelajar kita yang pilih belajar di luar Gresik kerena mutu dan kualitas pendidikan dianggap lebih baik. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk dicarikan solusi, dan terus membenahi mutu pendidikan," ujarnya.

Syaiful mewanti-wanti kepada Dispendik Gresik agar tak berharap banyak kepada sekolah di wilayahnya maju jika mutunya tidak sesuai. Ia juga menyorot kebijakan sistem zonasi atau rayonisasi sekolah untuk pemerataan mutu pendidikan di Kabupaten Gresik.

"Jadi, jangan harap sekolah itu maju kalau mutu pendidikan tak ditingkatkan," tuturnya.

"Apakah dengan sistem ini pemerataan mutu pendidikan sudah terlaksana? Makanya harus terus dikawal, biar ada perubahan," paparnya menambahkan. (rif)

Image
Ada Kelebihan Bayar dari Proyek Gapura Kantor Bupati Mojokerto

Ada Kelebihan Bayar dari Proyek Gapura Kantor Bupati Mojokerto

Tender Belanja Modal Gedung dan Bangunan - Pengadaan Bangunan Gedung Kantor - Pekerjaan Konstruksi Gapura dan Pagar Lingkup Kantor Bupati Mojokerto te

Sisi Lain H Maskuri, Selain Rektor Unisma Juga Pengusaha Pertanian

Sisi Lain H Maskuri, Selain Rektor Unisma Juga Pengusaha Pertanian

Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), pada Sabtu 1 Desember 2018. Dia dilantik untuk periode 2018-202