Apvokasi Jatim, Untag, dan Maspion Teken MoU untuk Sinergi ABCG

Apvokasi Jatim, Untag, dan Maspion Teken MoU untuk Sinergi ABCG

Foto bersama usai penandatanganan MoU

Liramedia.co.id, Surabaya - Sinergi antara dunia industri dan pendidikan diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas 17 Agustus (Untag) 45 Surabaya dan Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (Apvokasi) Jawa Timur dengan Maspion. Penandatanganan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) ini disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa.

Hadir dalam penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada Rabu (28/10/2020) di Maspion Square ini, diantaranya Alim Markus (Presiden Direktur Maspion Group), Jamhadi (CEO PT Tata Bumi Raya), Adik Dwi Putranto (Ketua KADIN Jawa Timur), Mulyanto Nugroho (Rektor Untag 45 Surabaya), Herman Halim (Dirut Bank Maspion), Welly Muliawan (CFO Maspion Group), dan sejumlah tamu undangan.

Penandatanganan MoU antara APVOKASI Jatim dan Maspion

Penandatanganan dilakukan oleh Jamhadi selaku Ketua Apvokasi Jatim, Mulyanto Nugroho, dan Alim Markus. Usai penandatanganan MoU tersebut, Jamhadi mengakui kebanggaannya kepada Gubernur Jatim dan Alim Markus serta Rektor Untag Surabaya yang senantiasa mendukung terwujudnya sinergi ABCG, yang terdiri dari akademisi, business, community, dan government.

“Dukungan Gubernur Jatim dan Maspion dalam mewujudkan penerapan hasil riset dari perguruan tinggi dan karya siswa SMK serta OPOP, UKM, IKM, sangat kami apresiasi. Karya-karya inovatif mereka dipertemukan dengan dunia industri untuk dibuat prototip-nya. Kami yakin, ini bisa menjadi trigger ekonomi dan turut mensejahterakan masyarakat Jatim,” kata Jamhadi.

Terkait dengan kolaborasi ABCG itu, Jamhadi memaparkan, untuk akademisi bisa melahirkan penelitian yang implementatif, bisa sebagai riset dunia usaha yang sifatnya saling menguntungkan.

Dari sisi bisnis, Maspion IT Sukses bersama APVOKASI Jatim, Untag 45 Surabaya, dan semua lini usaha seperti UMKM, IKM, OPOP bisa saling sinergi dan menjalin kemitraan strategis.

Dari sisi komunitas, warga bisa dilibatkan dalam usaha sesuai dengan kapasitas mereka masing-masing. Sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru, dan masyarakat Jatim lebih sejahtera bersama Khofifah Gubernur dan pengusaha seperti Alim Markus dan lainnya.

Terakhir dari sisi Government. Jamhadi mengakui jika Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mendukung iklim usaha dan investasi. Gubernur Jawa Timur juga dikenal pro bisnis untuk kesejahteraan masyaraktnya, sehingga menjadi magnet pertumbuhan ekonomi melalui regulasi-nya.

“Sinergi dunia pendidikan, usaha, dan industri ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas di Jawa Timur. Sementara ini, melibatkan UKM, OPOP, 300 SMK se-Jawa Timur. Di Jatim ada 343 universitas dan setara, yang sedang giat melaksanakan program Pemerintah,” jelas Jamhadi. (*)

Image
3 Materi Pelajaran Olahraga untuk Jaga Kebugaran Murid

3 Materi Pelajaran Olahraga untuk Jaga Kebugaran Murid

para guru olahraga tampaknya harus menghadapi tantangan lainnya, sebab pendidikan jasmani umumnya menuntut pertemuan langsung