Butuh Ketegasan Penegak Hukum dan Perda untuk Tertibkan Aktivitas Galian C di Benjeng

Butuh Ketegasan Penegak Hukum dan Perda untuk Tertibkan Aktivitas Galian C di Benjeng

Galian c diduga ilegal di Desa Jati Robo, Kec. Benjeng, Kab. Gresik

Liramedia.co.id, Gresik - Galian c di Desa Jati Robo, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, yang diduga tanpa dilengkapi Izin Usaha Pertambangan (IUP) diminta ditertibkan, baik ke Satpol maupun Polres Gresik.

Selain merusak lingkungan, galian c ini dianggap merugikan negara karena tidak .memberikan retribusi atau pajak ke Pemerintah Daerah setempat. Penegasan itu disampaikan Slamet Mulyono, aktivis Lumbung Informasi Rakyat (LIRA).

"Pelaku usaha galian c diduga tanpa IUP selama ini main kucing-kucingan. Tutup sementara pada saat diawasi, kemudian buka lagi. Pengawasan terhadap tambang diduga ilegal khususnya di Gresik masih sangat kurang," kata Slamet.

Buktinya, lanjut Slamet, dengan beroperasinya aktivitas pertambangan di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Pihaknya menemukan adanya lokasi tambang yang beraktivitas tanpa khawatir terhadap penegak hukum atau penegak Perda di Kabupaten Gresik.

Mirisnya lagi, aktivitas tambang tersebut beroperasi di area persawahan produktif. Tentu aktivitas tersebut akan sangat merusak lingkungan, terutama musim penghujan seperti ini yang sangat rawan banjir.

"Kami berharap pihak Polres Gresik turun langsung untuk menertibkan galian c diduga tanpa IUP ini. Karena diduga sudah melanggar aturan dan tidak melengkapi syarat penambangan. Tapi berdasarkan laporan masyarakat yang kemudian kita telusuri, di lokasi tersebut sekarang ada aktivitas penambangan,” ujar Slamet.

Aktivitas galian c diduga ilegal ini menambah daftar panjang pelanggaran di Kabupaten Gresik, setelah sebelumnya aktivitas yang sama beroperasi di beberapa wilayah Gresik, termasuk Kecamatan Duduksampeyan, Kecamatan Wringinanom, dan beberapa wilayah lainnya.

“Kami berencana akan melaporkan ke Polda Jawa Timur jika memang belum ditertibkan oleh Polres Gresik ataupun Satpol PP Gresik. Karena kami tak ingin, aktivitas galian c diduga ilegal yang merusak lingkungan bisa bebas dilakukan. Pengawasan harus ketat dari semua pihak khususnya galian c di Benjeng ini,” tegas Slamet. (jun)

Image
Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru