Dandim Bersama Bupati Gresik Tinjau Ratusan Rumah Warga Yang Rusak Akibat Diterjang Putting Beliung.

Dandim Bersama Bupati Gresik Tinjau Ratusan Rumah Warga Yang Rusak Akibat Diterjang Putting Beliung.

Gresik, liramedia co.id. - Bertempat di Desa Wedani dan Desa Gedang Kulud, Kecamatan Cerme, Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE., bersama Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos., Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.SI., mengunjungi 96 Rumah Warga Desa Wedani dan 216 Rumah Warga Desa Gedang Kulud yang rusak akibat terdampak bencana angin puting beliung pada hari Sabtu lalu.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir H. Suyono, S.H, S.Sos, MM. (Asisten I Bupati Gresik). H. Umar Hasyim, SH.,MM, (Camat Cerme), Letnan Satu Inf Toyib, (Danramil 0817/08 Cerme), AKP. Musihram, SH.,(Kapolsek Cerme), H. Hadi Sanjaya (Kepala Desa Wedani), serta M. Ali Mas'ud, S.E. (Kepala Desa Gedang Kulud). Senin (09/01/2023).

Setibanya di Desa Wedani Bupati Gresik beserta Dandim 0817/Gresik dan Rombongan langsung meninjau satu persatu rumah rusak dan berkesempatan untuk memberikan bantuan Tunai dan Sembako dari Pemerintah Kabupaten Gresik dan Real Estat Indonesia (REI), serta bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik (BPBD) serta PMI.

Desa Wedani merupakan Desa penghasil kerajinan tenun berkualitas ekspor ini diporak-porandakan puting beliung. Akibatnya, sebanyak 108 rumah mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan agar layak huni. Selepas Desa Wedani, rombongan bergeser ke Desa Gedangkulut, Desa Gedangkulut merupakan lokasi kerusakan terparah yang diterjang puting beliung. Tercatat sebanyak 216 rumah warga mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah hari ini kami dari Pemerintah Kabupaten Gresik bersama dan REI, bisa memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat terdampak bencana puting beliung. Semoga lewat sinergi ini mampu meringankan beban masyarakat," terang Bupati Yani.

Di Desa Gedangkulut, Bupati Yani sempat meninjau kondisi rumah Bu Semi, warga terdaftar PKH yang juga menjadi korban bencana puting beliung. Di sini, Bupati Yani juga memberikan bantuan dan suntikan moral kepada pemilik rumah, Selepas meninjau rumah warga terdampak, Bupati Yani berkoordinasi dengan Camat Cerme Umar Hasyim dan kepala desa untuk kesiapsiagaan dalam proses renovasi rumah warga. Harapannya, dengan sinergi yang apik antara Pemkab Gresik dengan menggandeng TNI / Polri dan berbagai pihak bisa mempercepat pemulihan duka masyarakat.

Dilokasi yang sama, Dandim 0817/Gresik menuturkan, “Kami Kodim 0817/Gresik akan selalu siap membantu Pemerintah Kabupaten Gresik, apalagi yang berkaitan dengan kemanusiaan dalam membantu masyarakat yang tertimpa bencana, dan kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Gresik serta Instansi terkait dengan harapan bisa lebih cepat memberikan bantuan, karena bagaimanapun warga yang terdampak adalah saudara kita, duka mereka adalah duka kita bersama.” tuturnya.

Pendim 0817/Gresik. Bbh.

Image