Istri Mendiang Pendiri Gudang Garam Meninggal Dunia

Istri Mendiang Pendiri Gudang Garam Meninggal Dunia

Ny Tan Siok Tjien

Liramedia.co.id, KEDIRI – Kabar duka menyelimuti perusahaan rokok, PT Gudang Garam Tbk. Ny Tan Siok Tjien, yang terkenal sebagai istri dari mendiang Surya Wonowidjojo (pendiri Gudang Garam), meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan Henky Chan di akun Linkedin miliknya pada Senin, 26 Oktober 2020.

“Turut berdukacita atas wafatnya Ny Tan Siok Tjien (Ny. Jd Surya Wonowidjojo - Pendiri PT. Gudang Garam Tbk). Semoga arwah Beliau mendapatkan tempat yang layak di sisi Bapa,” tulis Henky Chan, salah satu petinggi di manajeman PT Gudang Garam Tbk.

Diketahui, Tan Siok Tjien, merupakan satu-satunya wanita Indonesia yang masuk daftar 500 orang terkaya di dunia. Dilansir dari Bloomberg Billionaires Index, Tan Siok Tjien mengantongi kekayaan senilai US$6,34 miliar atau setara Rp93,51 triliun, terhitung sampai dengan Selasa, 13 Oktober 2020.

Dengan harta sebanyak itu, Tan Siok Tjien menempati posisi sebagai miliarder ke-353 di dunia. Sementara di Indonesia, posisinya berada di urutan ketiga.

Siapa sangka, sosoknya yang kini dikenal sebagai perempuan tajir melintir ini ternyata mendapat kekayaannya dari mendiang sang suami, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo. Meski suaminya telah wafat pada tahun 1985 silam, warisan yang diterima Tan Siok Tjien hingga kini terus beranak-pinak melalui perusahaan rokok yang didirikan Surya Wonowidjojo, yaitu PT Gudang Garam.

Merunut kisah hidupnya, Tjien memang telah malang-melintang di dunia bisnis. Selepas suaminya meninggal di tahun 1985, kekayaan Tjien makin berlipat-lipat karena mewarisi harta pendiri perusahaan rokok tersebut.

Adapun dulu, pendirian Gudang Garam diawali ketika suami Tjien, Wonowidjojo, memproduksi rokok linting dari daun jagung. Tahun 1985, ketika usaha itu makin besar, Wonowidjojo mengganti namanya menjadi Pabrik Tjap Gudang Garam.

Usai Wonowidjojo meninggal, perusahaan yang kemudian berganti nama menjadi PT Gudang Garam Tbk dan dipimpin oleh anak pertamanya, Rachman Halim.

Namun, Rachman meninggal di tahun 2008. Mulailah jabatan Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk digantikan oleh adik Rachman, yaitu Susilo Wonowidjojo.

Melansir Bloomberg Billionaires Index, Tjien disebut memiliki lebih dari 31% saham di Gudang Garam, membuatnya menjadi pemegang saham perseorangan terbesar. Saham itu ia pegang melalui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.

Dengan kepemilikan saham yang besar di perusahaan rokok raksasa itu, nama Tjien praktis masuk dalam jajaran orang terkaya. Bagaimana tidak, dari jejak data, kekayaan Tjien diperkirakan melonjak hingga Rp 36,4 triliun lantaran rencana kenaikan cukai rokok di tahun 2020 ini.

Bukan cuma kali ini saja, pada tahun 2017 lalu, namanya juga sempat bertengger dalam orang terkaya di Indonesia dan dunia. Ketika itu kekayaannya disebut-sebut mencapai Rp 124 triliun. Kala itu, dia ada di peringkat 145 dari total 500 miliarder di seluruh dunia. (*)

Source : INS

 

Image
Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru