JPU di Sepanjang Bypass Juanda Gelap Gulita

JPU di Sepanjang Bypass Juanda Gelap Gulita

Kondisi PJU di Bypass Juanda mati

Liramedia.co.id - Melintasi jalan Bypass Juanda, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, pengendara bermotor harus lebih hati-hati. Kondisi jalan yang gelap gulita sangat rawan terhadap kecelakaan. Kondisi tersebut tampak pada Minggu malam, 15 Mei 2022. Penyebabnya, semua penerangan jalan umum (PJU) mati.

Dewan Pimpinan Wilayah Lumbung Informasi Rakyat (DPW LIRA) Jawa Timur menyangkan kondisi tersebut.

Moch Khudori, pengurus DPW LIRA Jawa Timur mengatakan, "Kami sebagai lembaga yang mengawasi jalanannya pembangunan sangat prihatin terhadap matinya lampu di sepanjang Bypass Juanda di Sidoarjo. Kondisi itu bukan hanya di Bypass Juanda. Kami sering dapat pengaduan masyarakat bahwa PJU di Kabupaten Sidoarjo banyak yang mati. Lantas bagaimana kinerja dari Pemkab Sidoarjo?"

Menurut Khudori, lambannya respon dari Pemkab Sidoarjo dalam menangani rusaknya fasilitas umum seperti PJU menjadi bukti bahwa Pemkab Sidoarjo abai terhadap kepentingan warganya. Jalan yang gelap gulita tanpa penerangan jalan umum berpotensi maraknya aksi tindak kriminal. Misalnya begal dan kejahatan lainnya.

Untuk itu, Khudori mendesak agar Pemkab Sidoarjo segera memperbaiki lampu PJU yang mati. Hak-hak warga sebagai pembayar pajak, kata Khudori, harus diakomodir.

"LIRA Jatim siap mendampingi jika dibutuhkan oleh warga untuk melakukan class action. Karena jalan yang terang adalah hak masyarakat," tegas Khudori. (wid)

Image