Kebakaran Melanda Pasar Legi Mojosari

Kebakaran Melanda Pasar Legi Mojosari

Petugas damkar berhasil memadamkan api

Liramedia.co.id, MOJOKERTO - Sebanyak 7 kios di Pasar Legi, Kecamatan Mojosari, Kebupaten Mojokerto, dilalap api pada Senin, 23 Oktober 2017. Pedagang yang sigap langsung menghubungi petugas pemadam kebaran (damkar) setempat.

Tidak butuh waktu lama bagi petugas damkar untuk sampai ke lokasi. Petugas damkar bersama warga bahu membahu untuk memadamkan api. Hanya butuh waktu 1 jam, api berhasil dipadamkan.

Dugaan sementara, kebakaran tersebut disebabkan oleh korsleting listrik. Pedagang Pasar Legi, Siti Maunah mengatakan, kebakaran itu terjadi pukul 12.30 WIB.

"Yang terbakar ialah toko snack," kata Siti Maunah kepada Lira Media.

Dari kebakaran itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 69 jutaan. Menurut Siti, Pasar Legi sudah lama mau direkstruksi dan direnovasi oleh Pemkab Mojokerto. Namun, belum dilaksanakan karena masih tarik ulur antar pedangang.

"Sehingga nasibnya terkatung-katung sampai sekarang. Ada isu bahwa pembongkaran dilakukan bertahap," jelasnya.

Rencananya, Pasar Legi akan menjadi pasar modern, sehingga tidak becek, asri dan lokasi sayuran, ikan ditempatkan di blok secara terpisah.

"Pedagang sayur dan buah ditempatkan di blok berbeda, sehingga enak dipandang dan tertib" katanya.

Juga, belum selesainya pembangunan Pasar Legi diakibatkan pedagang minta ganti rugi yang cukup besar.

"Makanya, sampai sekarang Pasar Legi belum direnovasi dan seolah digantung nasibnya," jelasnya.

"Mungkin perlu negoisasi yang pas,hati dari hati ke hati. Warga yang punya hak atau memiliki stand bisa sadar, dan mau direlokasi sementara," lanjutnya. (Arif Yulianto)

Image
Saung Angklung Udjo Buka Donasi Demi Eksistensi Kesenian Angklung

Saung Angklung Udjo Buka Donasi Demi Eksistensi Kesenian Angklung

Saung Angklung Udjo bernasib kurang baik akibat pandemi covid-19, dan terancam tutup permanen. Hal ini dikarenakan selama masa pandemi covid-19