Kenapa SIM Disebut “Surat”, Sedangkan KK Disebut “Kartu”, Ini Jawabannya

Kenapa SIM Disebut “Surat”, Sedangkan KK Disebut “Kartu”, Ini Jawabannya

SIM dan Kartu Keluarga

Liramedia.co.id, SURABAYA – Bingung. Itulah kata yang pasti terucap pertama kali saat ditanya mengapa surat izin mengemudi (SIM) yang berbentuk kartu disebut “surat” (secarik kertas dsb sebagai keterangan), sedangkan kartu keluarga (KK) yang berbentuk surat disebut “kartu” (kertas tebal berbentuk persegi panjang)?

Terkait dengan pertanyaan tersebut, Ivan Lanin, seorang Wikipedian atau ahli bahasa, mengaku belum menemukan sumber rujukan tertulis tentang kedua masalah pelik kebahasaan tersebut.

“Walakin, saya duga kedua sebutan ini merupakan peninggalan sejarah dan bukti bahwa kita sulit beranjak. Hingga awal kemerdekaan Indonesia, keterangan mengemudi atau rebewes (bahasa Belanda: rijbewijs) berbentuk buku yang menyerupai ‘surat’,” jelas Ivan Lanin.

Sebaliknya, kata Ivan, dahulu kartu keluarga dibuat dari karton manila tebal yang menyerupai ‘kartu besar’. Walhasil, kaum millennial pun melongo. “Adalah tugas kita bersama untuk mewariskan makrifat ini kepada mereka,” lanjutnya.

Kertas tebal

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan, kartu adalah: kertas tebal, berbentuk persegi panjang (untuk berbagai keperluan, hampir sama dng karcis). Anggota kartu yang memuat jati diri seseorang sebagai tanda keanggotaan suatu perkumpulan (perusahaan dan lain sebaginya). As 1 kartu truf; 2 ki senjata ampuh untuk menjatuhkan atau mematahkan lawan: dia siap ke pengadilan karena dia memegang - as yg dapat memojokkan lawannya itu.

Besar kartu permainan judi model Barat (seperti dalam bridge, empat satu) yang mempunyai nilai angka paling besar. Ceki kartu untuk bermain ceki (suatu permainan cara Tionghoa seperti pei, bongkin). Kartu berisi data yang diberi judul untuk mengidentifikasi, sehingga dapat dicari kembali dengan mudah kalau disimpan di antara kartu lain.

Secara sederhana dapat disebutkan, kartu merupakan tanda pengenal. Alat identifikasi dan sejenisnya. Umumnya berbentuk kertas tebal.

Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak yang lain. Baik atas nama sendiri, maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi ataupun perusahaan. Infoanrmasi-informasi ini dapat beberapa permintaan, laporan, pemikiran, saran-saran dan sebagainya.

Fungsi surat mencakup lima hal: 1. Sarana pemberitahuan, 2. Permintaan, 3. Buah pikiran dan gagasan, 4. Alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis dan 5. Pedoman kerja.

Berdasarkan hal tersebut, jelaslah seyogianya SIM (Surat Izin Mengemudi) tidak bersesuasian dengan defenisi dan bentuknya. Begitu juga dengan KK (Kartu Keluarga) yang saat ini sangat tipis dan bentuknya lebar. Seyogianya KK disebut Surat Keterangan Keluarga, bukan Kartu Keluarga. (did)

Image
Saung Angklung Udjo Buka Donasi Demi Eksistensi Kesenian Angklung

Saung Angklung Udjo Buka Donasi Demi Eksistensi Kesenian Angklung

Saung Angklung Udjo bernasib kurang baik akibat pandemi covid-19, dan terancam tutup permanen. Hal ini dikarenakan selama masa pandemi covid-19