LAPGIAT AKSI UNRAS LSM PKN (PEMANTAU KEUANGAN NEGARA) DI KANTOR KOMISI INFORMASI PROVINSI JATIM DAN PEMBERANGKATAN KE MAPOLDA JATIM DAN KANTOR INSPEKTORAT JATIM

LAPGIAT AKSI UNRAS LSM PKN (PEMANTAU KEUANGAN NEGARA) DI KANTOR KOMISI INFORMASI PROVINSI JATIM DAN PEMBERANGKATAN KE MAPOLDA JATIM DAN KANTOR INSPEKTORAT JATIM

Sidoarjo, liramedia.co.id. - Pada hari Selasa tgl 24 Januari 2023 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, bertempat di Kantor Komisi Informasi Provinsi Jatim Jl. Bandilan No. 2 desa Kedungrejo Kec. Waru, Sidoarjo, *telah dilaksanakan aksi unjuk rasa oleh LSM PKN (Pemantau Keuangan Negara) dan pemberangkatan menuju Mapolda Jatim dan Kantor Inspektorat Jatim*, diikuti 70 orang sebagai penanggungjawab Sdr. Patar Sihotang, S.H,M.H (Ketua Umum PKN).

 A. *Tuntutan aksi :* Usut kasus pengadaan alat² bengkel CNC dan Printer SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

B. *Rangkaian kegiatan sbb :

* 1. Pukul 10.00 WIB, massa pengunjukrasa LSM PKN (Pemantau Keuangan Negara) tiba di depan kantor Komisi Informasi Provinsi sambil menggelar spanduk dan pamflet yg isinya sbb :

a. Entah apa yang merasukimu wahai para Komisioner KPI Jatim.

b. Turut berdukacita atas matinya keterbukaan Informasi publik di KIP Jatim

c. Hobby putusan Komisioner KIP Jatim sukanya bertentangan dengan UU No. 14 tahun 2008.

d. Segera bentuk Majelis Etik di KIP Jatim.

e. Kalau bisa terbuka kenapa harus tertutup.

2. Pukul 10.05 WIB, para pengunjuk rasa melakukan orasi secara bergantian, yg intinya :

a. LSM PKN disini untuk menuntut sesuatu yang tidak benar tentang keterbukaan informasi sehingga bertentangan dan dengan UU No. 14 tahun 2008.

b. Meminta informasi penyelesaian kasus pengadaan alat bengkel CNC dan Printer SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

3. Pukul 10.15 WIB, para pengunjuk rasa LSM PKN (Pemantau Keuangan Negara) ditemui oleh Bpk. Imanuddin (Kepala Komisi Informasi Provinsi Jatim) dan menyampaikan sbb :

a. Bahwa tuntutan yang pernah diajukan oleh PKN kepada Komisi Informasi dalam proses penyelesaian.

b. Dalam setiap penyelesaian sengketa dan pengaduan tentang informasi, Komisi Informasi selalu koordinasi dengan panitera pengganti dan saat ini di Komisi Informasi hanya memiliki 1 orang panitera pengganti sehingga Komisi Informasi memohon kepada PKN (Pemantau Keuangan Negara) untuk bersabar terkait penyelesaian pengaduan kasus tersebut.

4. Pukul 10.30 WIB, massa aksi unjuk rasa LSM PKN (Pemantau Keuangan Negara) meninggalkan kantor Komisi Informasi Provinsi Jatim menuju Mapolda Jatim dan Kantor Inspektorat Jatim berjalan dgn tertib dan aman.

C. *Pendapat pelapor*.

1. Bahwa aksi unjuk rasa LSM PKN (Pemantau Keuangan Negara) di Kantor Informasi Provinsi Jatim, Mapolda Jatim dan Kantor Inspektorat Jatim dilaksanakan dalam rangka menuntut agar Usut kasus pengadaan alat² bengkel CNC dan Printer SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

2. Bahwa giat aksi dilaksanakan agar aparat hukum dan Instansi terkait/lembaga memeriksa/mengusut Dinas Pendidikan Jatim dalam kasus pengadaan alat² bengkel CNC dan Printer SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang bernilai ratusan milyar.

Reporter. Bbh.

Image