Membahayakan Kehidupan Warga, Ada Pembiaran Tambang di Mantup

Membahayakan Kehidupan Warga, Ada Pembiaran Tambang di Mantup

Backhoe sedang ambil material untuk diangkut ke bak dump truk di lokasi tambang di Desa Mantup

Liramedia.co.id – Keberadaan tambang diduga ilegal di Desa Mantup, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, sangat meresahkan warga sekitarnya. Bahkan, lingkungan di sekitar terancam longsor.

Pantauan Liramedia.co.id di lokasi, aktivitas tambang terjadi di beberapa dusun di Desa Mantup. Dugaan sementara, tambang tersebut belum dilengkapi izin resmi namun nekad beroperasional. Kondisi tersebut mendapat kecaman keras dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur (Jatim).

Aktivis LIRA Jawa Timur, Hamidun Inwan menilai, aktivitas tambang yang diduga tidak dilengkapi izin ini harusnya ditertibkan oleh Polres Lamongan atau Satpol PP Lamongan. Kedua instansi tersebut bukan berarti tidak dapat informasi tentang adanya tambang diduga ilegal di Mantup, melainkan dibiarkan beraktivitas merusak lingkungan.

“Disitu ada Polsek atau perangkat pemerintah, harusnya sudah tahu dan mengambil langkah hukum. Nyatanya sampai sekarang dibiarkan begitu saja,” ungkap Inwan.

Inwan mengaku, pengaduan terkait adanya tambang di wilayah Kecamatan Mantup sudah disampaikan ke Polres Lamongan. Namun, Polres Lamongan maupun Satpol PP seakan tak mampu bertindak.

“Mungkin di belakang pengusaha galian c itu ada bekingnya yang cukup kuat, sehingga teman-teman dari Polres Lamongan dan Satpol PP tak bertindak. Atau memang mereka sengaja membiarkan alam dirusak oleh segelintir orang yang mendapat keuntungan berjibun dari praktik galian c itu,” ujar Inwan.

“Kami akan mengambil upaya lain sesuai dengan aturan, jika dari Polres Lamongan atau Satpol PP tidak bertindak,” lanjut Inwan. (did)

Image
IDI Papua Berharap Jaminan Keamanan Pada Tenaga Kesehatan

IDI Papua Berharap Jaminan Keamanan Pada Tenaga Kesehatan

Terkait situasi penyerangan, pembakaran, dan penembakan terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas Kiwirok, Pegunungan Bintang,