Menteri Sosial RI Resmikan Cafe Yang Dikelola Mantan Anak Jalanan Binaan LSM LIRA Mojokerto

Menteri Sosial RI Resmikan Cafe Yang Dikelola Mantan Anak Jalanan Binaan LSM LIRA Mojokerto

Menteri Sosial, Risma (kiri) dan Ketua LSM LIRA Mojokerto, Fasichatus Sakdiyah

Liramedia.co.id - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini atau akrab dipanggil Risma meresmikan Milenial Koffie di Dusun Genengan, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, pada Jumat (5/2/2021).

Cafe itu dikelola oleh dua orang mantan anak jalanan binaan LSM LIRA Mojokerto. Kunjungan Risma ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya di Balong Cangkring, Kota Mojokerto, sekitar sebulan lalu.

Kehadiran Risma didampingi oleh Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Inf Dwi Mawan dan Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander.

Hadir pula Fasichatus Sakdiyah selaku Ketua LSM LIRA Mojokerto yang juga pengasuh Yayasan Eklisia Foundation perwakilan Mojokerto.

"Mereka yang mengelola kafe ini adalah mantan anak jalanan yang sudah mendapatkan pelatihan pengelolaan kafe," kata Risma saat meresmikan kafe 'Millenial Koffie' di Banjaragung, Mojokerto.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengatakan di Kabupaten Mojokerto ada lima orang anak jalanan yang diajak untuk berwirausaha.  

"Dari lima orang itu, dua orang memilih membuat kafe dan tiga orang lainnya memilih untuk membuat kerajinan sepatu. Untuk pembuatan sepatu juga sudah kami latih dan belajar ke sentra industri sepatu di Cibaduyut, Bandung," ujarnya.  

Risma mengatakan dengan pemberdayaan yang dilakukan itu diharapkan muncul kemandirian dari anak-anak jalanan supaya mereka bisa berdaya dalam kehidupan sehari-hari.  

"Kalau ada masalah hadapi. Yakinlah Allah itu maha segalanya. Bisa mengatur semuanya. Tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.  

Mensos juga optimistis jika anak-anak jalanan itu bisa diselamatkan hidup mereka ke arah yang lebih baik.  

"Butuh kerja keras dan keikhlasan untuk mereka supaya terhindar dari kenakalan remaja. Memang berat dan tidak mudah, tetapi bukan tidak bisa," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Mojokerto Pungkasiadi mengaku senang dan berterima kasih atas perhatian Mensos Risma kepada anak-anak jalanan di Mojokerto.  

"Kami berterima kasih, sehingga anak-anak jalanan itu bisa bangkit lagi menatap esok yang lebih baik," katanya.

Ketua LSM LIRA Mojokerto, Fasichatus Sakdiyah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Risma di Mojokerto dan memperhatikan anak-anak jalanan melalui pemberdayaan ekonomi.

"Beliau merupakan ikon jiwa pemimpin yang melayani rakyat dengan tulus, kerja cerdas, iklhas, dan kerja tuntas," ujarnya. (rif)

Image