Penilaian Jamhadi Terhadap Inflasi di Amerika Serikat

Penilaian Jamhadi Terhadap Inflasi di Amerika Serikat

Jamhadi (kemeja biru) saat berkunjung ke pabrik Platinum Granit di Sidoarjo bersama Dahlah Iskan dan Tatno

Liramedia.co.id – Ketua Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) Jawa Timur, Dr Ir Jamhadi, MBA, memberi penilaian terhadap laporan Departemen Perdagangan AS yang menyebutkan bahwa inflasi dilihat dari personal consumption expenditure (PCE) melesat 5% year-on-year (YoY) di bulan Oktober. Rilis tersebut menjadi yang tertinggi sejak November 1990.

Dijelaskan Jamhadi, bahwa Indonesia masih beruntung memiliki tingkat inflasi 1.66 % di Oktober 2021. Sebelumnya masing-masing di September 2021 (1.6 %), Agustus 2021 (1,59 %), Juli 2021 (1,52%), dan Juni 2021 (1,33%).

“Terjadinya inflasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti permintaan, meningkatnya biaya produksi maupun jumlah uang yang beredar. Kenaikan harga-harga (inflasi) ini disebabkan karena ketersediaan barang yang tidak sepadan dengan tingginya permintaan,” ujar Jamhadi, Jumat (26/11/2021).

Disebutkan Jamhadi, inflasi Amerika Serikat kembali mencapai 5,4% pada Juli 2021. Angka itu terus meningkat 6,2% di Oktober 2021.

“Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya. Kita optimistis tahun 2022, ekonomi Indonesia lebih baik,” kata Jamhadi.

Maka dari itu, Jamhadi meminta ada beberapa upaya yang harus dilakukan. Pertama agar ada skala prioritas dalam rangka pemilihan ekonomi, diantaranya program pemulihan ekonomi (PEN) dan sektor kesehatan termasuk kunci pemulihan ekonomi nasional.

Kedua, perbaiki daya beli masyarakat melalui PEN, KUR, stimulus, BLT. Ketiga, peningkatan produktivitas dan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia yang juga bisa meningkatkan kreativitas serta inovasi.

“Kami dari APVOKASI siap untuk memperbaiki daya saing dan produktivitas. Disini memerlukan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), konektivitas, energi,” jelas Jamhadi. (did)

Image
Ada Kelebihan Bayar dari Proyek Gapura Kantor Bupati Mojokerto

Ada Kelebihan Bayar dari Proyek Gapura Kantor Bupati Mojokerto

Tender Belanja Modal Gedung dan Bangunan - Pengadaan Bangunan Gedung Kantor - Pekerjaan Konstruksi Gapura dan Pagar Lingkup Kantor Bupati Mojokerto te

Sisi Lain H Maskuri, Selain Rektor Unisma Juga Pengusaha Pertanian

Sisi Lain H Maskuri, Selain Rektor Unisma Juga Pengusaha Pertanian

Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), pada Sabtu 1 Desember 2018. Dia dilantik untuk periode 2018-202