Ponpes Gontor Pilih Pemimpin Baru Pasca KH Abdullah Wafat

Ponpes Gontor Pilih Pemimpin Baru Pasca KH Abdullah Wafat

Pimpinan Ponpes Gontor

Liramedia.co.id, PONOROGO – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi, wafat pada Rabu (21/10/2020) sekitar pukul 15.50 WIB. Kepergian ulama kharismatik asal Kabupaten Ponorogo ini meninggalkan duka mendalam bagi santri-santrinya dan masyarakat luas.

Lahir di Ponorogo pada 19 September 1942, KH Abdullah Syukri Zarkasyi memimpin Ponpes Gontor setelah ayahandanya, KH Imam Zarkasyi meninggal dunia. KH Imam Zarkasyi dikenal sebagai salah seorang Trimurti Pendiri Ponpes Gontor.

"Mohon doanya semoga dosanya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah SWT dan semoga husnul khatimah," ujar Rektor Unida Gontor, Prof. Amal Fathullah Zarkasy.

Sepeninggal KH Abdullah Syukri Zarkasyi, jalannya pondok pesantren tidak mungkin tanpa pemimpin. Maka dari itu, KH Abdullah Said Basarmus mengumumkan pergantian kepemimpinan di hadapan para santri.

"Keputusan ini berdasarkan tentang pentingnya estafet perjuangan para Trimurti pendiri PMDG," tutur KH Said melalui siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Menurut KH Said, pimpinan boleh meninggal tapi pondok harus tetap hidup. Hasil keputusan sidang luar biasa Badan Wakaf PMDG pada Kamis (22/10/2020) yang dihadiri 12 anggota Badan Wakaf PMDG, 8 orang hadir secara fisik dan 4 orang hadir secara virtual.

Hasil keputusan sidang menyatakan bahwa pimpinan PMDG yang baru ialah KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, Prof KH Amal Fathullah Zarkasyi untuk periode 2020-2025.

KH Hasan Abdullah Sahal mengaku meski Ponpes Gontor dalam keadaan berkabung, tapi tidak boleh berkepanjangan dalam kesedihan.

"Setiap kita ditinggalkan oleh seseorang kerabat kita, kita boleh menangis. Tapi tidak boleh menangis apalagi menangiskan," ujar KH Sahal.

"Pondok seperti kereta api, bahwa kereta harus tetap berjalan siapapun masinisnya dengan tetap berpegang teguh pada nilai panca jiwa dan panca jangka PMDG," pungkas KH Sahal. (*)

 

Image
Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru