Rapat dengan Bappeda Jatim, Jamhadi Usul Diperbanyak Lahan Industri Pola Sewa

Rapat dengan Bappeda Jatim, Jamhadi Usul Diperbanyak Lahan Industri Pola Sewa

Surabaya, liramedia.co.id - Ketua Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) Jawa Timur, Dr Ir Jamhadi, MBA, mengusulkan supaya di Jawa Timur diperbanyak lahan industri dengan pola sewa. Dengan pola tersebut, maka akan banyak investor tertarik dan meningkatkan investasinya di Jawa Timur (Jatim).

Usulan itu disampaikan Jamhadi sekaligus jadi Dewan Pertimbangan KADIN Surabaya dalam rapat Penilaian/Verifikasi Tahap III Provinsi Jawa Timur pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 bersama Bappenas RI, yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Maret 2021, dan dipimpin oleh Plh. Sektertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, dihadiri oleh stakeholder Jatim.

Menurut Jamhadi, Provinsi Jawa Timur layak jadi jujukan investasi karena Incremental Capital Output Ratio (ICOR) competitive terbukti di masa pandemi menjadikan Jawa Timur diurutan ketiga dengan nilai Rp 78,3 triliun setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta, yang masing-masing tercatat Rp120,4 triliun dan Rp95 triliun.

"Begitu mudah dan murah urus izin investasi di Jatim, dan lingkungan yang kondusif. Banyak yang sudah menerapkan OSS (Online Single Submission). Ditambah sekarang sedang dibuat aplikasi Jatim Online Single Submission," ujar Jamhadi.

Selain itu, kata Jamhadi, Perpres nomor 80 tahun 2019 memberi ruang sangat besar untuk pengusaha berpartisipasi dalam proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) senilai Rp 298 triliun. Di bidang pendidikan, sebagai Ketua APVOKASI Jatim, Jamhadi mengatakan, APVOKASI Jatim siap mempertemukan hasil research perguruan tinggi dengan industri sebagai bagian dari program Merdeka Kampus.

"Itu menjadikan R/D (Research & Development) perusahaan di Jatim jadi lebih berkualitas, apalagi SDM unggul bisa dilibatkan dalam competitivness dunia usaha di Jatim," kata Jamhadi. (Jun)

Image
Karena Sebab Ini, Oknum Pengacara Terancam Dipidanakan Kepala SMPN 1 Babat

Karena Sebab Ini, Oknum Pengacara Terancam Dipidanakan Kepala SMPN 1 Babat

Seorang oknum pengacara berinisial SE di Kecamatan Tuban, Kabupaten Lamongan, terancam dipidakan oleh Kepala SMPN 1 Babat