Tambang Ilegal di Lamongan Sudah Tidak Beraktivitas

Tambang Ilegal di Lamongan Sudah Tidak Beraktivitas

Lahan bekas tambang di Kecamatan Mantup, Lamongan

Liramedia.co.id - Galian c ilegal di Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, akhirnya tidak ada aktivitas lagi pada Senin (20/9/2021). Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur mengapresiasi langkah pihak Kepolisian maupun Satpol Pamong Praja (PP) yang telah merespon pengaduan masyarakat karena dampak galian c diduga ilegal tersebut.

"Salam hormat kepada Bapak Kapolda Jawa Timur dan jajarannya, termasuk Kapolres Lamongan serta pihak terkait yang mau memperhatikan lingkungan dari bahaya galian c ilegal dengan menutup tambang ilegal di Kecamatan Mantup. Kami harap, wilayah lain juga ditertibkan untuk menjaga lingkungan demi anak cucu kita kelak," ujar aktivis DPW LIRA Jawa Timur, Hamidun Inwan.

Inwan berharap, aktivitas galian c ilegal tidak hanya dihentikan, tetapi juga diberi Police Line dan usut pelakunya. Mulai dari pemilik lahan, pendana, operasional, hingga penadahnya.

Dengan demikian, ada efek jera dan tidak akan mengulanginya lagi. Inwan khawatir, setelah beberapa hari ini, aktivitas galian c ilegal bakal beroperasional lagi jika lokasinya tidak di police line dan para pelakunya ditangkap. Karena menurut Inwan, galian c ilegal merupakan usaha yang merusak alam tanpa reklamasi, belum lagi tidak menyetor pajak ke kas daerah.

"Kejahatan itulah yang harus dihentikan dan diusut, bukan cuma aktivitas galian c saja," tegas Inwan. (did)

Image
Bersiap Menuju Tanah Jawa, Taruna AAL Satlat KJK Bertolak Tinggalkan Nias

Bersiap Menuju Tanah Jawa, Taruna AAL Satlat KJK Bertolak Tinggalkan Nias

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Tingkat III Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) dengan KRI Bima Suci bertolak dari Nias,

Sambangi Siswa SMU Nisel, Taruna Satlat KJK Ajak dan Promosikan AAL

Sambangi Siswa SMU Nisel, Taruna Satlat KJK Ajak dan Promosikan AAL

sambangi SMA Nias Selatan (Nisel) untuk mempromosikan dan mengajak muda mudi terbaik Nias untuk bergabung menjadi Taruna AAL,