Terkait Tambang di Mantup, DPW LIRA Jatim : Awasi, Jangan Kasih Kendor

Terkait Tambang di Mantup, DPW LIRA Jatim : Awasi, Jangan Kasih Kendor

Backhoe sedang menggali tanah di tambang Mantup, sebelum ditutup karena ilegal

Liramedia.co.id - Keberadaan tambang ilegal di Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, sudah tidak beraktivitas lagi. Namun, peluang untuk dibuka lagi oleh pelaku usahanya sangat memungkinkan.

Oleh sebab itu, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) akan terus mengawasi keberadaan lahan yang digali oleh pihak-pihak yang ingin merusak alam untuk kepentingan bisnis.

"Tetap kami awasi, dan jangan kasih kendor. Jika galian c ilegal di Desa Mantup, Kopen, dan Desa Sukobendu buka lagi, akan kami laporkan lagi. Kerusakan lingkungannya sudah parah. Tak peduli di belakang pemilik lahan maupun pendana dan pelaksananya ialah oknum, tetap kami awasi," tegas Hamidun Inwan, aktivis DPW LIRA Jatim, Selasa (21/9/2021).

Kenapa tidak digugat? Menjawab itu, Inwan mengatakan kemungkinan mengajukan gugatan itu ada. Hanya saja, saat ini, Tim DPW LIRA Jatim sedang mengumpulkan data-data pelengkapnya. Sehingga, penambang ilegal di wilayah Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, dikenakan kewajiban membayar ke kas negara.

"Kerusakan alam yang dilakukan penambang ilegal itu harus dibayar setimpal. Reklamasi wajib, dan jika ingin dibuka lagi,  harus urus izinnya. Karena ini sudah kejahatan lingkungan dan tidak bisa ditolerir," ujar Inwan.

Iwan mengaku, sudah ada beberapa anggota LIRA yang terus memantau keberadaan tambang tersebut. Makanya, saat tambang itu dibuka, maka mereka akan memberikan informasi ke DPW LIRA Jatim.

"Harusnya lokasi tambang diberi police line, alat beratnya diamankan, supaya.pelaku tambang ilegal tidak mengulagi lagi perbuatannya. (did)

Image
Bersiap Menuju Tanah Jawa, Taruna AAL Satlat KJK Bertolak Tinggalkan Nias

Bersiap Menuju Tanah Jawa, Taruna AAL Satlat KJK Bertolak Tinggalkan Nias

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Tingkat III Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) dengan KRI Bima Suci bertolak dari Nias,

Sambangi Siswa SMU Nisel, Taruna Satlat KJK Ajak dan Promosikan AAL

Sambangi Siswa SMU Nisel, Taruna Satlat KJK Ajak dan Promosikan AAL

sambangi SMA Nias Selatan (Nisel) untuk mempromosikan dan mengajak muda mudi terbaik Nias untuk bergabung menjadi Taruna AAL,