Tim Patroli Air Temukan PT Miwon dan 4 Industri Lainnya Buang Limbah ke Sungai

Tim Patroli Air Temukan PT Miwon dan 4 Industri Lainnya Buang Limbah ke Sungai

Tim Patroli Sungai mengambil sampel limbah pabrik di Sungai Brantas

Liramedia.co.id, Surabaya - Tim Patroli Air yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur, Perum Jasa Tirta I, dan BBWS Brantas melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan menyusuri Sungai Brantas. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 29 September 2020 ini menemukan sejumlah industri diduga membuang limbah ke Sungai Brantas.

Industri itu antara lain PT Mount Dream Indonesia, PT Miwon, PT Adiprima Suraprinta, PT Dewasa Aria Prima, dan UD Sumber Agung. Patroli dilakukan dengan menggunakan perahu mulai pukul 10.30 WIB.

Tim menelusuri Sungai Brantas sambil mengambil sampel air, termasuk sampel limbah dari 5 industri tersebut. Hasil dari uji sampel itu akan ditindaklanjuti jika tidak memenuhi baku mutu air. Kepala Sub Divisi Jasa ASA II/2 Perum Jasa Tirta I, Firman Sarifuddin Efendi mengatakan, Patroli Air ini sempat dihentikan sementara karena adanya pandemi covid-19.

“Memang sejak Covid-19 sempat berhenti (kegiatan patroli air). Dan kini sudah mulai digelar kembali. Tentunya, kami menerapkan protokol kesehatan dengan wajib mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun, serta menggunakan rompi pelampung,” kata Firman.

Selain limbah industri, dari Patroli Air itu ditemukan limbah domestik dari pembuangan sampah di bantaran sungai. Banyak sampah menumpuk di bantaran sungai yang dibakar. Bisa jadi karena pandemi ini, banyak masyarakat sekitar bantaran yang membeli makanan siap saji yang dibungkus.

"Lalu kemasannya dibuang di pinggir sungai dan dibakar. Kami melihat ada lebih dari 10 titik di sepanjang Kali Surabaya,” jelasnya. (*)

Source : INS

Image
Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius Meluncurkan 'Zenius untuk Guru'

Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru