Tradisi Perayaan Unduh-unduh di Gereja Kristen Jawi Wetan MoRe.

Tradisi Perayaan Unduh-unduh di Gereja Kristen Jawi Wetan MoRe.

Gresik, liramedia.co.id – Perayaan tradisi unduh unduh di rayakan oleh ratusan jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik yang dilaksanakan secara aman, lancar penuh khidmat dilaksanakan setelah ibadah , Minggu (12/05/2024).

Acara perayaan unduh unduh dilaksanakan selesai Ibadah, Ibadah dilaksanakan menyatu pagi jam 07.00 wib, lelang unduh unduk di laksanaan secara online dan tatap muka satu kali oleh Pendata Eka Putri S.Si, selanjutnya di laksanakan oleh panitia unduh unduh.

Sejumlah miniatur hasil panen satu persatu dibawa masuk GKJW Mojowarno sekitar pukul 08..10.wib. miniatur tersebut berisi sejumlah hasil bumi seperti palawija, buah-buahan maupun hasil pertanian para jemaat.

Persembahan jemaat pada saat perayaan unduh unduh tahun ini ada beberapa persembahan antara lain, persembahan dari kelompok I, kelompok II, kelompok III, juga warga tamu.

Sebelum dilaksanakan peribadatan, di bawa satu persatu dan semua minatur persembahan miniatur tersebut dibawa masuk ke dalam gereja oleh jemaat, majelis dan dilakukan ibadah dipimpin pendeta Gereja GKJW Mojosarirejo Pendeta Eka Putri S.Si.

Dalam kegiatan ini, ratusan jemaat gereja GKJW tampak antusias mengikuti perayaan tradisi unduh-unduh.

Meski tak ada kirab alias arak arakan hasil panen, namun tak mengurangi kekhidmatan perayaan unduh-unduh.

Septiningtyas, Ketua Panitia perayaan unduh unduh menggatakan, bahwa tradisi unduh unduh ini bisa dikatakan sebagai hari raya persembahan.

"Karena dari kata unduh, bermakna memetik dari hasil panen pertanian yang ada di sawah dan kebun jemaat GKJW,’’ terangnya.

Hari raya unduh-unduh dirayakan jemaat setiap tahun pada minggu kedua bulan mei. Hal itu, merupakan bentuk ungkapan rasa syukur para jemaat kepada Tuhan yang Maha Esa.

"Ini merupakan ungkapan rasa syukur dari pada jemaat yang sudah diberkati dalam kehidupan keluarga,’’ ujarnya.

Tradisi tersebut, diawali dari tradisi pertama di GKJW Mojowarno pada bulan mei tahun 1939, tradisi ini terus menerus dilaksanakan pada bulan mei, dilaksanakan juga di GKJW Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik sudah dirayakan hampir 10 tahun sejak di dewasakan Gereja Mojosarirejo.

Di depan altar  miniatur berisi hasil bumi yang dipersembahkan jemaat. Masing-masing kelompok dan warga tamu.

”Dan hasil lelang tersebut akan di gunakan untuk kepentingan gereja,’’ paparnya.

"Acara unduh unduh ini merupakan warisan budaya yang diselenggarakan gereja Kristen Jawi Wetan yang sudah melaksanakan berpuluh puluh tahun," katanya.

"Kegiatan seperti ini , selain budaya tetapi ada yang lebih penting yakni merupakan perwujudan simbol kebersamaan Umat Kristiani Jawi Wetan," pungkasnya.

Reporter. Bbh.

Image
Fakultas Ekonomika Bisnis Unesa Menggelar Seminar Statistik

Fakultas Ekonomika Bisnis Unesa Menggelar Seminar Statistik

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Seminar Statistik dengan fokus pada "Penguatan dan Pengenalan Statistik Sektoral dalam Kebijakan Ekonomi"