Warga Desa Jatidukuh Mojokerto Demo Tolak Aktivitas Tambang

Sejumlah warga Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, melakuka demo. Aksinya itu disebabkan keberadaan tambang atau galian c di wilayahnya masih tetap beroperasi. Dikekahui, pelaku tambang di Desa Jatidukuh ialah WS.

Warga protes karena tambang tersebut telah membuat sumber mata air di wilayahnya keruh dan tidak layak konsumsi. Padahal, sumber mata air tersebut merupakan sumber air yang dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, semisal untuk mandi, cuci, dan air minum.

Pantauan Liramedia.co.id, area galian c di Desa Jatidukuh makin meluas dengan kedalaman puluhan meter. Material yang digali berupa pasir dan batu. Akibat dari galian tersebut, selain merusak lingkungan dan jalan, sumber mata air sebagian besar warga Dusun Seketi, Desa Jatidukuh, berubah warna kecoklatan.

"Jarak galian c dengan permukiman hanya puluhan meter. Permukiman warga rawan longsor disamping ancaman gangguan ekologis lainnya berupa hilangnya sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan warga untuk keperluan sehari-hari," tegas Kusno, aktivis DPW Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur, Selasa 24 Mei 2022.

Image