Warga Kebonromo Menolak Berdirinya Pabrik di Lahan Pertanian

Warga Kebonromo Menolak Berdirinya Pabrik di Lahan Pertanian

Salah satu penolakan warga melalui pemasangan banner di sawah

Liremedia.co.id, Sragen - Desa Kebonromo, di Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, dilihat secara geografis terletak di bagian Timur Kota Sragen. Desa ini berbatasan dengan Desa Bener di sebelah selatan. Desa Pilangsari disebelah Barat, dan Desa Gabus disebelah Utara.

Berhembus kabar, di Desa Kebonromo akan didirikan pabrik. Berdirinya pabrik itu berada di lahan pertanian produktif. Hal ini yang membuat sejumlah warga Desa Kebonromo menolak pendirian pabrik tersebut.

Alasan warga, pabrik yang akan dibangun berada di lahan pertanian yang subur. Penolakan warga Desa Kebonromo dilakukan dengan memasang spanduk dengan berbagai tulisan.

Seperti tulisan 'Warga Kebonromo Tolak Pabrik', 'Stop Berdirinya Pabrik di Desa Kami', 'Tolak Pabrik di Lahan Pertanian', 'Jangan Cemari Sawah Kami', 'Masyarakat Kebonromo Menolak Berdirinya Pabrik', dll.

Kepala Desa (Kades) Kebonromo, Titik Sri Lestari mengaku sampai saat ini belum ada investor yang menghubungi pihak Desa Kebonromo.

"Kami adalah pelayan masyarakat yang akan memperjuangkan aspirasi warga," kata Titik.

Terkait penolakan itu, Titik menjelaskan, kemungkinan antara warga dan pihak pabrik yang akan dibangun belum ada kesepakatan. Faktor lain ialah karena di lahan itu merupakan lahan pertanian. (*)

Image
Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jatim Dukung Program Sejuta IT Preneur

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh rencana kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Timur dengan Maspion IT.