Home NEWS UPDATE Kunci Jawaban Matematika Kelas 6: Taksiran Keliling dan Luas Lingkaran Halaman 82-83...

Kunci Jawaban Matematika Kelas 6: Taksiran Keliling dan Luas Lingkaran Halaman 82-83 Kurikulum Merdeka

14
0

Kunci Jawaban dan Pembahasan Matematika Kelas 6 SD

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa, terutama di tingkat Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini, kita akan membahas kunci jawaban dan pembahasan soal-soal matematika untuk kelas 6 SD, khususnya yang terdapat pada halaman 82 dan 83. Dengan panduan ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan.

Pembahasan Soal Halaman 82

Soal Nomor 1

Pada soal ini, kita diminta untuk menghitung luas lingkaran dengan menggunakan diameter yang diketahui. Misalnya:
a. Diketahui diameter = 21 cm, dan π = 22/7.
– Pertama, kita hitung jari-jari (r) menggunakan rumus:

( r = \frac{1}{2} \times d = \frac{1}{2} \times 21 = 10,5 \, \text{cm} )
– Kemudian, luas lingkaran dapat dihitung dengan rumus:

( L = π \times r^2 = \frac{22}{7} \times (10,5)^2 = 346,5 \, \text{cm}^2 )

  • b. Diketahui rusuk = 21 cm, dan π = 22/7.
  • Luas lingkaran:

    ( L = π \times r^2 = \frac{22}{7} \times (21)^2 = 1386 \, \text{cm}^2 )

  • c. Diketahui rusuk = 30 cm, dan π = 22/7.

  • Luas lingkaran:

    ( L = π \times r^2 = \frac{22}{7} \times (30)^2 = 2828,57 \, \text{cm}^2 )

Soal Nomor 2

Pada soal ini, kita diberikan luas lingkaran dan diminta untuk mencari jari-jari. Misalnya:
– Diketahui luas lingkaran = 1386 cm², dan π = 3,14.

– Dengan menggunakan rumus luas lingkaran, kita dapat mencari jari-jari:

( L = π \times r^2 )

( 1386 = \frac{22}{7} \times r^2 )

( r^2 = 1386 \times \frac{7}{22} = 441 )

( r = \sqrt{441} = 21 \, \text{cm} )

Soal Nomor 3

Soal ini melibatkan keliling lingkaran dan meminta kita untuk mencari diameter, jari-jari, dan luas lingkaran.
– Diketahui keliling = 94,2 cm, dan π = 3,14.

– a. Untuk mencari diameter:

( K = π \times d )

( 94,2 = \frac{22}{7} \times d )

( d = 94,2 \times \frac{7}{22} = 29,97 \, \text{cm} )
– b. Selanjutnya, kita dapat menghitung jari-jari:

( r = \frac{1}{2} \times d = \frac{1}{2} \times 30 = 15 \, \text{cm} )
– c. Dan untuk luas lingkaran:

( L = π \times r^2 = \frac{22}{7} \times (15)^2 = 707,14 \, \text{cm}^2 )

Baca Juga:  KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Subang, Evakuasi Masih Berlangsung hingga Sabtu Pagi

Soal Nomor 4

Soal ini menanyakan jari-jari dua lingkaran yang selisih luasnya tidak lebih dari 50 cm².
– Dengan asumsi ( r_2 > r_1 ):

( π \times (r_2^2 – r_1^2) ≤ 50 )

– Dengan π = 22/7, kita dapat menyederhanakan dan mencari jari-jari kedua lingkaran.

Kunci Jawaban Halaman 81 – Eksplorasi 3.1

Pembelajaran matematika juga dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis melalui eksplorasi. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan menggunakan kubus:

  1. Menggunakan Dua Kubus:
  2. Siswa dapat menyusun dua kubus berdampingan atau menumpuknya.
  3. Tanyakan kepada siswa apakah gambar yang berbeda menunjukkan susunan yang sama atau tidak.

  4. Menggunakan Tiga Kubus:

  5. Siswa dapat menggambar bentuk rumah satu lantai dengan tiga kubus.
  6. Diskusikan kemungkinan bentuk yang dapat dihasilkan, baik untuk bangunan satu lantai maupun dua lantai.

  7. Menggunakan Dua Balok:

  8. Siswa dapat menyusun dua balok untuk membuat berbagai bentuk bangunan.
  9. Tanyakan apakah susunan yang berbeda adalah sama atau berbeda.

Kesimpulan

Kunci jawaban dan pembahasan di atas diharapkan dapat membantu siswa kelas 6 SD dalam memahami materi matematika. Namun, penting bagi siswa untuk mencoba menyelesaikan soal-soal tersebut secara mandiri terlebih dahulu, sebelum merujuk pada kunci jawaban ini. Pembelajaran yang mandiri akan lebih memperkuat pemahaman dan keterampilan matematika siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here