Sah, Rupian Dilantik Jadi Kepala Desa Sukoanyar

Sah, Rupian Dilantik Jadi Kepala Desa Sukoanyar

Rupi'an bersama Bupati Gresik usai pelantikan Calon Kepala Desa Terpilih

Liramedia.co.id – Sebanyak 47 Calon Kepala Desa terpilih di Kabupaten Gresik dilantik pada Rabu, 20 April 2022. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani di lapangan belakang kantor Bupati Gresik. Sebanyak 47 Calon Kepala Desa tersebut terpilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Gresik yang dilaksanakan pada 26 Maret 2022.

Salah satu Calon Kepala Desa yang turut dilantik ialah Rupi’an dari Desa Sukoanyar, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Didampingi oleh istrinya serta pendukungnya, usai dilantik, Rupi’an menyampaikan terima kasih kepada segenap warga Desa Sukoanyar dan pihak lain yang telah mempercayainya untuk memegang amanah memimpin Desa Sukoanyar untuk periode 5 tahun ke depan.

Tak lupa juga, dia mengajak seluruh masyarakat Desa Sukoanyar untuk terus mengingatkan tentang program-program yang diagendakan demi kemajuan Desa Sukoanyar dan kesejahteraan warganya. Program-program tersebut tidak bisa terlaksana tanpa dukungan masyarakat Desa Sukoanyar.

Sebagaimana diketahui, dalam pencalonannya sebagai Calon Kepala Desa Sukoanyar, Rupi’an mengusung tagline “Sukoanyar Bangkit untuk Perubahan”. Visinya ialah “Menjadi Kepala Desa yang bersih, transparan, amanah, dan terbuka guna mewujudkan Desa Sukoanyar yang adil, makmur, sejahtera agar kedepannya Desa Sukoanyar lebih baik dan lebih maju”.

Dalam melaksanakan Visi tak lepas dari misi. Bagi Rupi’an, 5 misi yang diangkat untuk merebut hati masyarakat Desa Sukoanyar, ialah :

  1. Penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan transparan agar terbebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta bentuk-bentuk pelanggaran lainnya.
  2. Menciptakan kondisi masyarakat Desa Sukoanyar yang aman, tertib, guyub, dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Menciptakan pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi dan gotong royong masyarakat serta bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di Desa Sukoanyar.
  4. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa Sukoanyar yang prima, yaitu cepat, tepat, dan benar
  5. Mengoptimalisasi serta memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat dengan meningkatkan sarana dan prasarana umum guna mendukung kelancaran perekonomian masyarakat.

Di sektor pertanian berupa Jalan Usaha Tani, Sanitasi Saluran Air. Dan di bidang kesehatan berupa Mobil Siaga atau mobil pelayanan, gedung olahraga/Serbaguna.

Untuk itu mencapai suksesnya visi misi tersebut, strategi yang digunakan Rupi’an ialah:

  1. Pengalokasian anggaran berdasarkan skala prioritas agar program pemerintah Desa Sukoanyar dapat berjalan secara cepat, tepat, akurat, serta tepat sasaran di segala bidang.
  2. Dengan peningkatan kerjasama aparatur pemerintahan desa dan semua lembaga yang ada dengan mengedepankan menajemen pemerintahan dan pelayanan publik. Artinya, dalam rangka mewujudkan pembanguan yang merata dilakukan dengan memaksimalkan kerjasama perangkat desam LMD, lembaga BPD, tokoh masyarakat yang ada di semua wilayah dusun.

Sebagai informasi tambahan, Rupi’an menang dalam Pilkades Desa Sukoanyar yang diselenggarakan pada Sabtu, 26 Maret 2022. Rupi’an memperoleh suara maksimal dibandingkan Calon satunya, yaitu Suliadi. Untuk diketahui, Pilkades Sukoanyar diikuti oleh 2 calon, yaitu Suliadi (petahana) dan Rupian.

Dari hasil perhitungan suara Pilkades Sukoanyar yang dilaksanakan pada Sabtu siang (26/3/2022), selisih kemenangan Rupian dengan Suliadi sebanyak 736 suara. Adapun rinciannya, yaitu Suliadi memperoleh 906 suara, sedangkan Rupian mendapatkan 1.642 suara.

Total daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Sukoanyar sebanyak 2.780, dengan daftar yang tidak hadir sebanyak 183 suara. DPT yang hadir di TPS menggunakan hak suaranya sebanyak 2.597 suara. Suara sah sebanyak 2.548, dan tidak sah sebanyak 49 suara. (rif)

 

Image
Fakultas Ekonomika Bisnis Unesa Menggelar Seminar Statistik

Fakultas Ekonomika Bisnis Unesa Menggelar Seminar Statistik

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Seminar Statistik dengan fokus pada "Penguatan dan Pengenalan Statistik Sektoral dalam Kebijakan Ekonomi"